Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Pilih BeAT eSP Pop untuk Topang Ekspor

Kompas.com - 02/01/2015, 15:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor (AHM) sudah memastikan diri siap mengekspor sepeda motor secara utuh (CBU) dari pabrik Karawang, Jawa Barat menuju Filipina, mulai tahun ini (2015). Tapi, ketika pengumuman itu dilakukan Honda masih belum mau membeberkan jenis sepeda motor mana yang mau diekspor, kini KompasOtomotif sudah mendapat bocorannya.

"Kami akan ekspor yang ini (menunjuk ke varian) BeAT eSP Pop, rencananya ke Filipina," jelas David Budiono, Direktur Produksi, Rekayasa, dan Belanja AHM kepada KompasOtomotif, belum lama ini.

Sebelumnya, Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk menyampaikan kalau AHM siap ekspor skutik 40.000-50.000 unit ke Filipina.

Lantas, apakah akan ada perbedaan antara BeAT eSP ekspor dengan yang dipasarkan di dalam negeri? David menjelaskan, akan ada beberapa sentuhan tampilan berbeda, terutama dalam hal penampilan. Namun, soal teknologi eSP, dipastikan akan menawarkan kelengkapan sama dengan produk lokal.

Basis Ekspor
AHM tengah menyiapkan Indonesia sebagai basis produksi beberapa model sepeda motor untuk wilayah regional. Selain Filipina, AHM mengaku masih mengaji negara lain untuk dijadikan tujuan ekspor.

Menariknya, dari informasi yang diperoleh KompasOtomotif menyatakan kalau, AHM tengah menyiapkan model sport baru untuk Indonesia dan menjadi satu-satunya basis produksi di dunia. Artinya, Indonesia akan menyuplai sepeda motor sport itu ke pasar global. Isunya lagi, model sport itu akan dibekali mesin dua silinder berkapasitas 250 cc.
Simak terus perkembangannya di KompasOtomotif!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com