Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Audi Tambah Modal demi Mengejar BMW

Kompas.com - 28/12/2014, 19:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Berlin, KompasOtomotif - Audi menyiapkan modal tambahan 24 miliar euro atau Rp 364,16 triliun untuk mengembangkan teknologi baru, ekspansi produksi, dalam lima tahun ke depan. Artinya, ada tambahan modal hingga 2 miliar eruo (Rp 30,3 triliun) dari rencana semula demi mengejar BMW yang bercokol di puncak penjualan mobil premium global.

Dalam keterangan resmi perusahaan, dilansir Bloomberg, Sabtu (27/12/2014), sekitar 70 persen dari dana yang disiapkan akan digunakan untuk menyiapkan beberapa model baru, antara lain SUV kompak Q1. Merek di bawah payung Grup Volkswagen ini berharap bisa mencatatkan rekor penjualan menembus 1,7 juta unit, tahun ini.

"Kami menyiapkan investasi besar untuk area inovasi di bidang mobilitas listrik, hubungan, dan konstruksi berbobot ringan," jelas Rupert Stadler, CEO Audi dalam keterangan resmi.

Audi juga menyampaikan akan menambah portofolio model miliknya menjadi 60 model pada 2020 dari posisi saat ini hanya 50 jenis model. Saat ini, Audi menduduki peringkat kedua tahta persaingan mobil premium global. BMW berhasil unggul dengan selisih cuma 42.600 unit dalam 11 bulan 2014, lebih sedikit ketimbang periode sama tahun sebelumnya, terpaut 54.600 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com