Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Skuter Listrik Bergaya Retro dari Yamaha

Kompas.com - 21/11/2014, 11:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Iwata, KompasOtomotif –  Yamaha Motor Co Ltd akan merilis sepeda motor listrik bergaya retro mulai Desember 2014. Mereka menamainya E-Vino yang diklaim sebagai kombinasi sempurna dari kepraktisan dan harga yang terjangkau. Model ini akan diproduksi dan dipasarkan oleh Yamaha Motor Taiwan.

E-Vino memperoleh tenaga dari motor listrik yang baru dikembangkan dengan baterai lithium-ion 50V. Melalui baterai tersebut, sepeda motor bisa menjelajah 30,1 km sekali isi penuh (di jalanan datar dengan kecepatan rata-rata 30 kpj). Ada tombol boost yang akan melipatgandakan tenaga saat akan menanjak atau ingin ngebut.

Baterai bisa dicopot dengan gampang untuk diisi ulang. Petunjuk sisa energi bisa dilihat di panel instrumen dengan versi digital. Menariknya, ruang penyimpanan di bawah jok bisa disimpan satu unit baterai cadangan yang akan dijual terpisah.

Yamaha Global Boks penympanan barang bisa digunakan menyimpan baterai cadangan.

Yamaha mengatakan, sepeda motor ini cocok untuk penggunaan yang gampang, praktis, sebagai kendaraan komuter dengan harga terjangkau. Bahkan produsen berlambang garputala itu menyatakan harganya tak lebih mahal dari sepeda motor berbahan bakar bensin.

Dengan membidik pengguna yang sering melakukan perjalanan pendek, Yamaha punya target untuk lebih banyak meraup pasar sepeda motor listrik di Taiwan yang sudah mencapai level 70 persen dari segmen 50cc. Setelah Taiwan, E-Vino juga akan melenggang di Jepang pada 2015.

Di Taiwan, skuter listrik ini akan dibanderol 58.500 dollar Taiwan atau setara Rp 23,1 juta. Target penjualan mencapai 2.000 unit dalam setahun setelah diluncurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com