Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Nama dan Identitas Baru Beberapa Model Mercedes-Benz

Kompas.com - 12/11/2014, 08:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Munich, KompasOtomotif - Sama seperti BMW, penamaan model-model Mercedes-Benz cukup rumit untuk langsung dimengerti kebanyakan orang. Sebab itu, menyambut persiapan peluncuran total 30 model baru (termasuk 11 model All-New) pada 2020, Mercedes-Benz menata ulang seluruh penamaan model menggunakan identitas baru.

Rombakan nama ini akan mulai digunakan 2015, diawali dari peluncuran model baru yang belum dipastikan revisi desain atau penyegaran, pada crossover dan SUV. Mercedes mengatakan perubahan dilakukan karena akan ada tambahan tipe bodi dan sistem gerak.

“Setelah lebih dari 20 tahun terus mengembangkan beberapa nama produk yang sangat sukses dan dikenali di dunia, kami sekarang membuat sistem tata nama kendaraan lebih mudah dimengerti,” terang Mercedes-Benz dalam keterangan resminya, Selasa (11/11/2014).

Jens Thiemer, Head of Mercedes-Benz Brand Marketing Communication menambahkan, “Penamaan ini lebih sederhana, transparan, dan logis untuk desain seri model kami, tujuannya menyediakan orientasi jernih pada konsumen.”

Nama baru untuk SUV
Kelas inti Mercedes-Benz yang terbentang bawah ke atas ada lima yakni A, B, C, E, dan S. Dari sini semua terbagi ke berbagai jenis tipe bodi. Model yang paling banyak mendapatkan perubahan adalah SUV/crossover, seluruh model akan mendapatkan nama keluarga “GL” sebagai penghargaan kepada model legendaris G-Class.

Dua huruf di depan menandakan keluarga, sedangkan huruf ketiga berarti kelas. Misalnya, tipe SUV paling kompak disebut “GLA” yang berarti kependekan dari “GL A-Class”. Kelas di atas GLA yang sekarang masih dikenal dengan sebutan GLK akan berubah menjadi GLC yang berarti “GL C-Class”. Demikian pula dengan kelas SUV medium M-Class, tahun depan ditetapkan menjadi GLE untuk merepresentasikan “GL E-Class”.

SUV All-New dengan bentuk bodi coupe dari basis ML selanjutnya akan dikenal dengan sebutan GLE Coupe. SUV full size GL mendapatkan nama GLS, menandakan kelas tertinggi. Sementara model legendaris G tidak berubah. Kini identitas SUV mengikuti cara penamaan sedan Mercedes-Benz.

Sedan
Nama CL khusus digunakan untuk sedan 4-pintu coupe, sama seperti SUV huruf ketiga diambil dari kelas inti, misalnya paling kompak akan disebut CLA dan paling tinggi CLS.

Mercedes mengatakan desain SL hanya akan  mereferensikan roadster 2-pintu, berikut dengan huruf ketiga tergantung kelas inti. Maka nama SLK roadster yang selama ini masih digunakan diganti menjadi SLC.

Mercedes-Benz Nama dan logo baru sistem gerak model Mercedes-Benz.

Mesin
Untuk mesin selain jenis bensin, semua mendapatkan lambang sekaligus identitas baru yang akan ditempatkan di bagasi.

“c” untuk CNG yang sekarang masih disebut Natural Gas Drive
“d” untuk diesel menggantikan BlueTEC dan CDI,
“e” untuk electric menggantikan Plug-in Hybrid BlueTEC, Plug-in Hybrid, dan Electric Drive
“f” untuk fuel cell menggantikan F-Cell
“h” untuk hibrida menggantikan Hybrid dan BlueTEC Hybrid

Sistem gerak all-wheel drive akan tetap dikenal dengan 4Matic, mobil performa AMG bakal dikenal Mercedes-AMG, dan varian paling mewah S-Class akan disebut Mercedes-Maybach.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com