Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Porsche Asah Kemampuan Pengemudi di Sentul

Kompas.com - 24/10/2014, 16:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - Setiap model Porsche dibangun di atas pemikiran mobil performa dengan besaran tenaga tak kurang dari 200 tk. Logikanya, semakin tinggi kemampuan itu digunakan di jalan raya, maka semakin besar potensi kehilangan kendali. Sebab itu Eurokars Artha Utama, importir resmi Porsche di Indonesia rutin menggelar Porsche Sport Driving School.

Setiap pemilik mobil performa wajib mengenali tunggangannya, setelah itu harus dibekali kemampuan mengemudi di atas rata-rata. Pada 2014, Porsche Sport Driving School digelar untuk keempat kalinya di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Bos Porsche Indonesia Christoph Choi mengatakan, jadwal berkelanjutan pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan pengguna Porsche di Indonesia.

"Mobil ini sangat powerfull, biasanya mereka tak pernah merasakan performa maksimal di jalan umum. Di trek akan menjadi pengalaman, jadi ini sangat penting buat mereka," ujar Choi di sela gelaran, Jumat (24/10/2014).

Level
Kemampuan tertinggi konsumen pengendara Porsche dikategorikan hingga level 5 yang berlaku secara global. Di pelatihan lokal seperti di Sentul, partisipan akan diberikan sertifikat tahap awal, yakni level 1 dan 2. Jenjang berikutnya mengenai gaya mengemudi balap hingga level 5 bisa dilakukan di Brisbane, Australia.

Di Sentul, sekitar 30 konsumen yang hadir membawa mobil mereka, terdiri dari 911 GT3, Boxster, Carrera S, Panamera, Cayman, Macan, dan Cayanne. Seluruh peserta diberikan pelatihan khusus oleh instruktur mengemudi profesional Steve Pizzati dari Australia.

"Di sini bukan tentang balapan tapi memahami mobil mereka. Mereka belajar emergency braking, fungsi ABS, dan bagaimana prilaku mobil dalam keadaan bahaya. Kita fokus safety driving dan posisi mengemudi. Semua elemen dalam kabin Porsche diseting hanya untuk satu posisi mengemudi," jelas Choi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com