Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrikan Otomotif Bersatu Melawan Peretas

Kompas.com - 23/10/2014, 14:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Pabrikan otomotif dunia berkumpul bersama membentuk konsorsium baru, untuk bertahan melawan aksi peretas yang mencoba mengganggu sistem keamanan kendaraan di dunia. Upaya ini mendapat restu dari dari pihak keamanan di Amerika Serikat.

David Strickland, mantan direktur di Lembaga Nasional Administrasi Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Amerika Serikat, yang kini bekerja di konsultan Veneble LPP mengatakan, dibentuknya Aliansi Manufaktur Otomotif dan Asosiasi Pabrikan Otomotif Global dalam satu wadah akan mempermudah koordinasi di antara para anggotanya.

Para produsen mobil akan menciptakan "firewall" untuk melindungi keamanan sistem komunikasi antar-kendaraan. Termasuk data kendaraan yang terkoneksi di pusat penyimpanan data online.

Ide ini dilakukan supaya setiap pabrikan bisa berbagi informasi menyangkut upaya yang sudah dilakukan peretas yang pernah dialami. Sehingga, ketika ada kejadian serupa bisa dengan cepat diselesaikan.

"Tujuannya adalah membuat sangat, sangat, sangat sulit bagi peretas untuk merusak sistem keamanan kendaraan. Bisakah Anda membuat hal ini tanpa risiko? Tidak, tapi Anda bisa membuatnya sulit sehingga menutup setiap ada kesempatan," beber Strickland, dilansir Automotive News (22/10/2014).

Mendukung
Pada 1 Juli 2014, kedua Ketua Umum Asosiasi Industri mendukung langkah ini dengan mengirimkan surat kepada David J Friedman, administrasi di NHTSA. "Kami bergabung bekerja sama menyiapkan mekanisme bagaimana membangi sistem keamanan siber, ancaman, bahaya, dan kejadian di seluruh pemangku kepentingan di industri otomotif," tulis surat itu. 

Bentley Au, Kepala Keamanan Informasi Toyota Motor Sales USA membenarkan, kalau memang ada konsorsium yang tengah dibentuk pelaku industri dan Toyota ikut serta. "Ini baru saja dimulai. Konsepnya mirip dengan konsorsium keamanan di industri lain, seperti pesawat terbang, keuangan, dan lain sebaginya," jelas Au.

Dibutuhkan waktu setidaknya setahun untuk membantuk konsorsium ini, dengan Strickland diposisikan sebagai Penasihat Pusat Penyedia Informasi atau Auto-ISAC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com