Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Lumpuh, ”Lady Biker” Ini Taklukkan Sumatera

Kompas.com - 22/10/2014, 15:08 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tak banyak orang seperti Sri Lestari. Meski lumpuh karena menderita paraplegia, dirinya tetap bersemangat menyelesaikan perjalanan menggunakan sepeda motor yang penuh inspirasi. Perjalanan lintas Sumatera menyusuri Banda Aceh hingga Jakarta, melewati 26 kota pun tetap dilakoni.

Sri bersama sepeda motornya, TVS Rockz, yang sudah dimodifikasi, menginjakkan kaki di Jakarta Oktober 2014. Terasa istimewa, karena dengan segala keterbatasannya, siapa yang mengira dia bakal mulus sampai di Jakarta.

Paraplegia merupakan penurunan motorik atau fungsi sensorik gerak tubuh, biasanya disebabkan kecelakaan yang menyebabkan cedera sumsum tulang belakang atau bisa juga bawaan sejak lahir. Orang dengan paraplegia lazimnya mengalami kelumpuhan pada kedua tungkai kaki dan mati rasa pada bagian perut hingga ujung kaki.

”Pada saat umur 23 tahun, saya mengalami kecelakaan, lalu lumpuh mulai dari pinggang ke bawah. Selama 10 tahun saya di rumah terus, karena merasa kehilangan fungsi kaki dan kebebasan. Hingga akhirnya saya mendapat kursi roda dan memodifikasi sepeda motor untuk membangun semangat kembali,” cerita Sri.

Dukungan
Sri, didukung komunitas roda dua lokal dan jaringan penjualan dan servis TVS Motor Company Indonesia (TMCI) di sepanjang Sumatera. Perjalanan tersebut membuktikan bahwa keterbatasan fisik bukan halangan untuk melakukan hal-hal luar biasa.

Di setiap kota yang dikunjungi, Sri bertandang ke sekolah-sekolah dan komunitas difabel, dan menginspirasi serta memompa motivasi untuk tetap bersemangat, berprestasi, dan memelihara mimpi.

”Saya ingin menyebarkan semangat ke teman-teman difabel (penyandang cacat) dan orang tua yang memiliki anak difabel agar dapat hidup aktif, sehat dan mandiri. Oleh karena itu, saya melakukan perjalanan ini,” kata Sri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com