Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Beberkan Konsep 3-Roda Serbabisa

Kompas.com - 01/10/2014, 12:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Cologne, KompasOtomotif – Yamaha belum berhenti mengembangkan sepeda motor tiga roda. Setelah Tricity dan bocornya informasi bakal muncul model baru dengan teknologi suspensi yang sama (leaning multi-wheel), akhirnya produsen Jepang tersebut memunculkan 01GEN di Intermot, (30/9/2014). Model ini kemudian dikategorikan sebagai ”on & off crossover”.

Maksudnya, Yamaha mengklaim bahwa sepeda motor ini serbabisa, digunakan di jalanan biasa (on-road) atau jalanan rusak dan tanah (off-road). Pengendalian pun ada dua pilihan, rileks dan agresif. ”Proposal yang diajukan adalah kendaraan yang bisa dinikmati sesuai mood dalam satu sasis,” sebut Yamaha dalam siaran persnya.

motorcycle Yamaha 01Gen Concept.

Tampang sangat agresif, dengan garis yang senada antara bagian depan dan belakang. Suspensi mirip dengan Tricity, dengan dua roda depan yang bergerak atas masing-masing penopang. Tenaga dari mesin disalurkan lewat roda belakang. Sepatbor depan ada dua untuk dua roda, mirip serangga dengan penjepit di kepalanya.

Disebut juga bahwa bodi sangat ringan. Untuk mendukung kegiatan ”dua alam”, Yamaha menanamkan mesin dengan tenaga dan torsi besar. Kelincahan manuver diwujudkan melalui tongkrongan yang tinggi. Keseimbangan bobot diklaim membantu sepeda motor ini melaju dengan baik meski di jalanan berbatu sekali pun.

Yang menarik, pilihan warna untuk konsep ini menggunakan siver dan biru, bahkan hingga pelek dan roda. Semuanya punya arti, yang intinya menunjukkan kedinamisan sepeda motor masa depan yang serbabisa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com