Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Range Rover Evoque Akan Berstatus Buatan China

Kompas.com - 14/09/2014, 08:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

London, KompasOtomotif - Range Rover Evoque akan menjadi model pertama Jaguar Land Rover (JLR) pertama yang dirakit di China. Keputusan ini dipastikan langsung oleh Ralf Speth, Chief Executive Officer (CEO) JLR di London, Inggris, seperti dilansir Autonews Europe (12/9/2014).

"Kami mulai dengan kendaraan yang paling besar permintaannya," jelas Speth. Perusahaan juga sudah menyiapkan model selanjutnya, yakni Land Rover Discovery Sport akan menyusul Evoque untuk diproduksi.

Evoque akan dirakit di pabrik Changshu, timur laut dari Shanghai. Fasilitas ini merupakan hasil kerja sama JLR dengan perusahaan lokal Chery Automobile yang siap diresmikan Oktober mendatang. Produksi perdana dipastikan menyusul dalam waktu dekat.

"Kami mulai satu model dulu. Pelatihan karyawan harus dilakukan dulu dan mempercepat kinerja mereka," lanjut Speth.

Pabrik ini menjadi fasilitas perakitan penuh pertama JLR di luar Inggris, termasuk rencana pendirian perakitan mesin dengan target produksi mulai 2015. Pabrik mesin ini nantinya akan memproduksi jantung pacu baru, Ingenium empat silinder.

Hingga kini, China merupakan pasar dengan pertumbuhan tercepat bagi JLR. Januari-Juni 2014, JLR sudah berhasil menjual 62.479 unit di China, atau berkontribusi 25,9 persen terhadap kinerja global 240.372 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com