Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Montezemolo Hengkang, Ferrari Langsung Geber Produksi

Kompas.com - 12/09/2014, 17:29 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Sumber inautonews
Maranello, KompasOtomotif - Era kepemimpinan Luca Cordero di Montezemolo bersama Ferrari sudah berakhir. Posisi digantikan oleh CEO Fiat Chrysler Automobiles (FCA), Sergio Marchionne. Pergantian pimpinan ini juga akan mengubah strategi penjualan produsen mobil sport asal Italia tersebut.

Di bawah kendali langsung Marchionne, Ferrari akan memproduksi lebih banyak mobil demi merealisasikan ambisi menggandakan penjualan. Rencana inilah yang ditentang oleh Montezemolo, hingga akhirnya memilih mundur setelah 23 tahun menjadi pimpinan.

Montzemelo ingin membatasi volume produksi perusahaan di angka 7.000 unit per tahun untuk melindungi eksklusivitas merek. Sementara Marchionne mengisyaratkan potensi menaikan penjualan sampai di 10.000 unit per tahun. Penambahan kapasitas produksi akan dilakukan bertahap, dimulai dengan model yang laris di pasaran seperti LaFerrari.

"Jika kelas atas mengalami peningkatan, kita harus bisa mengikuti mereka. Jika tidak, daftar tunggu (inden) akan menjadi terlalu lama, dan orang-orang lelah menunggu untuk mendapatkan LaFerrari," kata Marchionne, pada sebuah acara di Balocco, Italia, Jumat (12/9/2014), seperti dikutip Inautonews.

Saham Ferrari 90 persen dimiliki oleh FCA dan berhak menentukan arah kebijakan perusahaan. Sementara, Montezemelo yang telah bertanggung jawab atas Ferrari sejak 1991, ingin mempertahankan status otonomi dan menjaga agar Ferrari tidak bernasib seperti Lamborghini di bawah Volkswagen Group.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com