Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Mobil Tularkan Teknologi untuk Siswa SMK

Kompas.com - 21/08/2014, 12:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - Sejak tahun 2000, transfer teknologi Honda kepada masyarakat di Indonesia disalurkan via pendidikan. PT Honda Prospect Motor (HPM) terus melanjutkannya dengan kembali membuka kelas khusus dalam program Pendidikan Dasar Teknisi Honda (PDTH), dilakukan di SMKN 4 Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/8/2014), sekaligus memberikan donasi peralatan praktik.

Secara garis besar, PDTH bertujuan mempersiapkan calon teknisi Honda yang akan terjun langsung di industri otomotif, khususnya sebagai bagian dari dealer dan jaringan Honda seluruh Indonesia. Tidak hanya calon teknisi, program pelatihan pendidikan ini juga diberikan kepada para guru.

Tomoki Uchida, Presiden Direktur HPM, mengatakan kegiatan tersebut sesuai dengan komitmen Honda global yang ingin meningkatkan keterlibatan sumber daya lokal. HPM percaya pembinaan cikal-bakal teknisi berkualitas harus dimulai dari institusi pendidikan.

”Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor terpenting, dibutuhkan dalam industri otomotif yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia. Program pelatihan dan pendidikan dasar bagi para calon teknisi Honda merupakan jembatan untuk mempersiapkan calon teknisi berkualitas dan siap pakai setelah menyelesaikan program pendidikan di sekolah,” jelas Uchida.

Seleksi
Dalam program di SMKN 4 Bogor ini, terpilih 25 siswa terbaik yang dijaring lewat seleksi. Mereka akan mendapatkan teori dan praktik tentang teknis dan teknologi mobil masa kini, khususnya Honda. Setiap siswa akan langsung masuk dalam program perekrutan teknisi jaringan dealer Honda.

Berbagai alat peraga pelatihan diberikan HPM, meliputi engine simulator, komponen sistem suspensi, rem, power steering, transmisi, perlengkapan bengkel biasa dan spesial, serta informasi teknologi. ”Walau sekolah kami baru berdiri sejak empat tahun lalu, kami senang dan bangga mendapat pengenalan teknologi Honda. Kami yakin, kegiatan ini akan menambah mutu anak didik di sekolah ini," kata Kepala SMKN 4 Drs. Joni Alwis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com