Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Ribu Evoque & Land Rover LR2 Kena "Recall"

Kompas.com - 14/08/2014, 11:30 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif - Jaguar Land Rover (JLR) mengumumkan kampanye perbaikan massal (recall) pada dua model, Range Rover Evoque dan Land Rover LR2. Ini dilakukan setelah ditemukan masalah pada airbag di sisi penumpang.

JLR harus menarik 40.000 unit dua model tersebut, dengan rincian LR2 17.066 unit dan 23.484 unit Evoque. Ditemukan ada kesalahan program pada sistem komputerisasi, yang mengatur kerja airbag.

Kerusakan terjadi pada Occupant Classification System (OCS), dalam membaca ukuran berat penumpang depan. OCS menggunakan sensor yang mendeteksi bobot penumpang, untuk menyesuaikan penyebaran airbag.

Semakin kecil bobot penumpang, tekanan saat kantung udara mengembang akan makin berkurang. Sistem ini berguna untuk meminimalisir kemungkinan cedera, atau juga dapat menonaktifkan airbag bila kursi depan kosong.

Lembaga Nasional Administrasi Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Amerika Serikat menyebutkan, masalah ini akan menyebabkan minimnya efektivitas airbag pada LR2. Sedangkan pada Evoque, airbag malah berpotensi tidak aktif akibat kesalahan sensor tersebut.

Unit LR2 yang kena recall adalah model yang diproduksi mulai 27 Januari 2009 sampai 1 Juli 2014. Sementara Range Rover Evoque yang ditarik keluaran 15 Juni 2011 hingga 25 Oktober 2013. Penarikan akan dilakukan akhir Agustus ini, tapi JLR memberikan kesempatan kepada konsumen yang ingin melakukan pengecekan lebih awal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com