Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Chevrolet G10 Tahun 1964

Bodi Boleh "Sixty", Kemampuan "Sixteen"

Kompas.com - 12/08/2014, 17:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif - Tampang Chevrolet G10 lansiran 1964 ini boleh jadi “dungu” dan punya bodi rongsokan, bahkan seharusnya "almarhum" sejak lama. Tapi sang pemilik, Casey Moir, punya kehendak lain, tak lagi melayani selayaknya mobil pekerja, sekarang punya tugas lebih mulia.

Moir bekerja sebagai pengajar teknis di bengkel otomotif El Toro High School, di Orange County, California. Ia ingin memberikan inspirasi kepada murid-muridnya tentang semangat hidup. Sama seperti mobilnya, dari dianggap tak berguna sekarang kemampuan terbaiknya sangat ekstrem. Ketika pedal gas diinjak menyentuh lantai, sontak “hidung” mendongak ke udara dan pantat menyentuh aspal (wheelie).

Larry Chen/Speedhunters Jantung pacu baru diletakan tepat di depan pintu belakang.

Nyawa” baru
Transformasi radikal dan “nyawa” baru dirangkai rumah modifikasi Slim’s Fabrication asal California. Konsepnya bukan cuma menggarap van keren, tapi juga membuat kreasi asli yang jarang dilakukan. Disebut sebagai “street freak” yang membangkitkan kembali memori pameran mobil “standing” yang pernah menjadi tren drag race di AS era 1960-an.

Agar ban bisa terangkat, butuh resep khusus di semua bagian. Bukan hanya butuh tenaga masif, tapi arsitektur juga mesti diubah agar bobot dominan di bagian belakang. Mesin asli 6-silinder 3.2L seharusnya berada di antara kedua penumpang depan, tapi ide spektakuler Slim meletakkan mesin baru, V8, 5.2L label Mopar di ujung belakang bodi.

Larry Chen/Speedhunters Di “kepala” mesin terdapat kit GMC 6-71 yang sudah dilengkapi dengan manifold custom dan sepasang karburator Holley.

Kebanyakan “jeroan” mesin diganti spesifikasi lebih tinggi produk Mopar, tujuannya agar menjaga kompresi tetap rendah. Di “kepala” mesin terdapat kit GMC 6-71 yang sudah dilengkapi dengan manifold custom dan sepasang karburator Holley. Pasokan udara banyak tersedia, sebab atap dicopot, lalu diganti rangka baru yang lebih rendah.

Agar kokoh, dibuatkan bingkai besi untuk dudukan mesin, diambil dari jalur ‘tulang” tepat di depan pintu belakang. Pengerjaannya sangat rapih, hampir tidak terlihat mesin terikat dengan sesuatu.

Larry Chen/Speedhunters Mesin asli 6-silinder 3.2L diganti V8 5.2L bertenaga 710 PS.

Menggunakan transmisi 904 TorqueFlite otomatis, triknya membuat mekanisme dan jalur baru sepanjang 3,5 meter untuk kerja gas dan kopling. Total semburan tenaga 710 PS, cukup buat mengangkat setidaknya setengah bodi.

Larry Chen/Speedhunters Casey Moir, pengajar teknis di bengkel otomotif El Toro High School di Orange County, California, ingin menginspirasi murid-muridnya.
Larry Chen/Speedhunters Hasil guratan tinta murid-murid atas inspirasi Casey Moir.

Inspirasi
Satu-satunya yang mengilap di mobil adalah bagian mesin, sisanya bisa dibilang karatan. Meski demikian sepenuhnya “street legal”, selain sanggup membuat banyak senyum di wajah orang yang melihatnya di jalanan, Moir sukses menggugah hati banyak muridnya. Moir ingin agar mereka tak menyerah mengejar karir di Industri otomotif.

Moir menjadi pengajar favorit, dalam beberapa  tahun sejak ia mulai mengemudikan mobil ini bekerja, banyak pesan dan kesan pribadi yang dituliskan murid-murid di tubuh G10 miliknya.

Inspirasi hebat!

Larry Chen/Speedhunters Chevrolet G10 membangkitkan kembali era eksebisi mobil wheelie 1960-an di AS.
Larry Chen/Speedhunters Bagian atap dibuka agar udara leluasa tersedia untuk mesin.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com