Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat dengan Porsche Panamera S

Kompas.com - 16/06/2014, 14:03 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Terlahir dari pabrikan yang kental aura sport, sedikit banyak berpengaruh pada penampilan Porsche Panamera S, yang sejatinya memiliki karakter station wagon yang identik dengan mobil keluarga. Lekukan garis body dan "mata" khas model Porsche, membuat tampilannya tetap sangar. Lampu kini pakai dua jenis, bi-xenon dan LED. Lekukan kap mesin kini lebih tinggi dan saluran udara semakin besar, membuat tampak kekar.

Di belakang, ada efek horizontal Gran Turismo yang menegaskan karakter sporty, membuatnya tampak lebih rendah. Bahkan dari bagian belakang, saat kecepatan tertentu, wing akan muncul untuk membantu daya tekan.

KompasOtomotif-Roderick A Mozes Interior Panamera S sangat mencerminkan desain mewah khas mobil premium dan juga tersedia bagasi lapang
Mewah
Sebagai pemain premium, Porsche juga membekali dengan tampilan mewah di ruang kabin. Mulai dari dasbor berbalut kulit dan ornamen berkelas. Di bagian tengah terdapat monitor layar sentuh 7 inci yang memuat fitur Porsche Communications Manager (PCM). Di dalamnya terdapat menu, antara lain audio, sistem navigasi, sambungan telepon via Bluetooth dan koneksi USB.

Ditambah lagi dengan konsol tengah yang letaknya agak tinggi, dengan aneka ragam tombol kontrol beberapa kelengkapan yang tersedia. Meski ukuran tombol cukup mini, namun keterangan gambar untuk fungsi cukup terbaca dengan jelas. Begitu pula pencahayaan yang muncul saat gelap.

Tombol-tombol yang tersedia antara lain untuk pemanas jok, pengoperasian tirai belakang, pengaturan AC, aktivasi wing manual. Selain itu ada juga beberapa tombol untuk pengaturan suspensi dan pengendalian, Untuk suspensi, tinggi bagian depan bisa diatur dengan 2 mode, tinggi dan rendah. Ayunan suspensi juga bisa diatur, keras, medium, dan agak lembut. Paling bawah ada tombol aktivasi kontrol stabilitas.

KompasOtomotif-Roderick A Mozes Bagian belakang Panamera S tergolong seksi dengan buritan yang
Belakang
Nuansa mewah tak hanya bisa dinikmati di kabin depan, penumpang belakang pun mendapatkan porsi yang sama. Antara penumpang belakang dipisahkan oleh konsol yang juga dilengkapi beragam tombol. Bedanya hanya untuk ragam pengaturan AC dan pemanas jok. Posisi jok cukup rendah dan ruang kaki dirasa lapang. Untuk kebutuhan privasi ada tirai di kaca samping dan belakang.

Bagi para eksekutif, tapi perlu khawatir ketika hendak bermain golf bersana mitra kerja. Volume bagasi cukup lapang. Untuk proses buka tutup tailgate cukup menekan tombol yang tersedia, seperti mobil premium lainnya. Tombol pembuka ada di dekat wiper, sedangkan untuk menutup ada di bagian bawah tailgate.

Secara garis besar memang penampilan dan "rasa" Panamera S ini sangat eksklusif. Peredaran yang cukup jarang juga menjadi salah satu alasan banyak mata memandang dan berdecak kagum. Sayang Porsche Indonesia enggan merilis harga, meski hanya sebatas off the road.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com