Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 56 Tahun, Bentuk 3D Honda Super Cub Dipatenkan

Kompas.com - 30/05/2014, 09:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Honda Super Cub, sepeda motor paling sukses di dunia, dipatenkan di Japan Patent Office, dalam jenis pematenan 3D (tiga dimensi) atau bentuk secara keseluruhan. Ini adalah yang pertama dilakukan merek Jepang, seiring dengan semakin banyaknya aktivitas plagiat, meski hanya untuk beberapa bagian.

Sukses Super Cub memang menginspirasi siapa pun. Sepeda motor tangguh dengan harga terjangkau ini sudah diproduksi selama 56 tahun. Di beberapa negara masih menerima model yang dianggap ”abadi” ini, meski dengan beberapa perubahan, tapi tak banyak.

Dalam waktu selama itu, sang legenda sudah terjual lebih dari 60 juta unit di seluruh dunia. Model dan jenis mesinnya pun bermacam-macam, mulai 50 cc sampai 110 cc. Tipe juga berkembang, mulai C50, C70, sampai C90. Untuk produksi sekarang, mesin tentu diperbarui lebih ramah lingkungan, meski dengan gaya yang sama.

Dijiplak adalah risiko dari popularitas. Itulah mengapa Honda segera melakukan tindakan paten 3D untuk menjegalnya. Meski ini adalah yang pertama dilakukan produsen Jepang, pematenan serupa juga pernah dilakukan merek lain, seperti Piaggio Vespa dan Fiat 500.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com