Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Perancis, Satu Sepeda Motor Dicuri Setiap 8 Menit

Kompas.com - 08/05/2014, 14:24 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Paris, KompasOtomotif -- Di setiap negara dengan populasi padat sepeda motor, ancaman pencurian semakin nyata. AS merasa sudah cukup “gila” dengan kasus satu sepeda motor dicuri setiap 11 menit. Namun, di Perancis, data terbaru menunjukkan, setiap 8 menit ada satu sepeda motor yang hilang.

Pada 2013, ada 61.000 kasus pencurian telah dilaporkan di Perancis, dengan catatan tidak semua korban melaporkan ke kepolisian. Penelitian lokal menjelaskan, kemungkinan besar penyebabnya tidak semua pemilik kendaraan roda dua mempunyai asuransi. Proses administrasi seperti itu dirasa tidak dibutuhkan.

Ibu kota Perancis, Paris, jadi wilayah favorit aksi si “tangan panjang”, mewakili lebih dari 10 persen total laporan pencurian. Di kota tersebut jumlah sepeda motor memang padat, ditambah aksi maling yang semakin berani.

Media Perancis, Le Parisien, melaporkan, 53 persen dari semua kasus terjadi siang hari. Sebanyak 60 persen kejadian di tempat umum, bukan di area parkir atau garasi. Sementara di kota-kota lain pencurian telah berkurang sekitar 9 persen, justru di Paris, Indre, Gers, Rhone, dan Guyane mengalami peningkatan.

Sebanyak 73 persen pemilik kembali membeli sepeda motor setelah sebelumnya kehilangan. Menariknya, mereka tidak lagi minat dengan merek yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com