Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Sportage Terbaru Kini mulai Rp 302 Juta

Kompas.com - 23/04/2014, 13:49 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Kia Mobil Indonesia (KMI) resmi meluncurkan Sportage facelift, sekaligus menambah varian baru, tipe EX bertansmisi otomatis (AT), di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (23/4/2014). Kini SUV tersebut memiliki 4 varian, LX MT Rp 305 juta, LX AT Rp 316,5 juta, EX AT Rp 373 juta, dan tipe tertinggi Platinum Rp 418 juta, on the road Jakarta.

KMI mengklaim, penjualan Sportage cukup baik semenjak diluncurkan 2011 lalu. Paket ubahan pada edisi terbaru diharapkan dapat memberi "angin segar" para penggemar SUV. Tentunya tetap menjadikan Sportage sebagai "kuda hitam", di tengah himpitan model merek Jepang. 

"Dengan jumlah yang terjual 6.300 unit sejak 3 tahun lalu, merupakan tanda bahwa masyarakat Indonesia cukup menggemari produk ini," ujar Hartanto Sukmono, Direktur Marketing KMI, saat peluncuran, di Jakarta, Rabu (23/4/2014), 

Mesin
Hartanto memaparkan, inti utama perubahan Sportage ada di bagian mesin generasi terbaru.Edisi terdahulu menggunakan mesin Theta II, 2.0L, D-CVVT, bertenaga 166 PS @6.200 rpm, dan torsi 20.1 kg.m @4.600 rpm. 

Arifani Perbowo, GM Product Development KMI, menjelaskan, Sportage baru lebih menyesuaikan kebutuhan perkotaan, sebab itu digunakan mesin jenis baru, Nu, 2.0L, D-CVVT, bertenaga lebih kecil, 158 PS, di 6.200 rpm dan torsi 19.6 kg.m. Kendati spek down, namun torsi atau daya untuk akselerasi bisa dicapai lebih cepat, di 4.000 rpm.  

"Kalau diperhatikan, tenaga dan torsi bisa didapat di rpm lebih rendah. Artinya sangat berguna buat kondisi stop and go, konsumsi bahan bakar akan lebih irit," terang Arifani. Kadar emisi saat ini 174 g/km.  

Eksterior
Pembaruan pada wajah meliputi bagian gril dengan aksen krom. Khusus untuk tipe EX dan Platinum, detail gril terkesan tiga dimensi. Semua varian mengenakan lampu depan yang sudah terintegrasi dengan DRL. 

Bemper depan berubah total, selaras dengan dimensi lampu kabut yang membesar. Di bagian belakang, lampu terlihat lebih futuristik dengan desain baru. Antena berbentuk sirip hiu, menggantikan versi lama model batang. 

Kenyamanan 
Salah satu faktor pendukung lain adalah tingkat kebisingan dalam kabin yang telah direndahkan. Posisi jok baris kedua kini memiliki dua tipe pengaturan, penumpang kini bisa makin nyaman menempuh perjalanan jauh. 

Fitur unggulan lain, ada panoramic plus sunroof, smart key immobilizer, head rest monitor, ABS+ESC, dual airbags, downhill brake control, serta hill assist control.

"Kami menargetkan 1.000 unit Sportage bisa laku sampai akhir tahun nanti," tutup Hartanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com