Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

460 Kecelakaan Terjadi di Jalan Indonesia Setiap Hari

Kompas.com - 15/04/2014, 15:11 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi Pudji Hartanto, mengatakan, total kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada tahun lalu mencapai 168.183 unit kendaraan di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, paling banyak yang telribat kecelakaan masih didominasi sepeda motor.

Kalau dirata-rata, maka setiap hari ada 460 kecelakaan yang terjadi di jalan seluruh Indonesia. "Tahun lalu, total sepeda motor yang mengalami kecelakaan mencapai 119.560 unit, memang yang terbesar, karena jumlahnya paling banyak," jelas Pudji di Sunter, Jakarta Utara, Selasa (15/4/2014).

Jumlah kecelakaan mobil penumpang tercatat 21.304 unit, sedangkan mobil barang tercatat 21.335 unit. Selanjutnya, bus yang terlibat kecelakaan mencapai 4.893 unit, sedangkan kendaraan khusus 1.092 unit.

Penyebab
Menurut Pudji, ada dua faktor utama yang menyebabkan banyaknya kecelakaan di jalan, pertama internal dan eksternal. Internal, melibatkan faktor belum maksimalnya petugas kepolisian di jalan. Jumlah personel kepolisian yang terbatas, sarana dan prasarana yang terbatas, dan pengawasan masih kurang maksimal.

Sementara dari faktor eksternal, ada masalah manajemen lalu lintas yang belum diterapkan optimal. Jumlah kendaraan bermotor yang tidak laik jalan cukup besar. Penanganan pra dan pasca kecelakaan juga masih belum optimal. "Serta infrastruktur yang masih kurang memadai," beber Pudji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com