Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reinkarnasi Honda VFR800F Interceptor

Kompas.com - 11/04/2014, 10:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Setelah ”mati” sejak 2009, Honda VFR800F Interceptor V4, bereinkarnasi menjadi sepeda motor yang semakin menawan. Tanda-tanda kehidupan barunya sudah diperlihatkan sejak gelaran EICMA, Milan, tahun lalu. Mei mendatang, model yang ternyata banyak dirindukan di AS ini sudah mulai dijual lagi.

Status ”terlahir kembali” membuat Honda harus memberikan sesuatu yang baru demi menggoda penggemar yang setia menanti. Penyempurnaan model akan menerima sederet teknologi masa kini, plus perwajahan yang semakin sporty. Mesin tetap menggunakan basis lama, 782cc, tipe V dengan sudut 90 derajat dan teknologi katup VTEC. Tenaga maksimal mencapai 104 PS @10.250 rpm.

cycleworld Desain baru lebih futuristik dan modern.

Torsi besar di putaran rendah diperoleh dengan kerja dua katup per silindernya. Lalu tenaga akan semakin besar pada putaran mesin tinggi karena empat katup di tiap silinder bekerja penuh. Revisi lain ada pada radiator yang kini hanya satu, menggantikan model lama dengan dua radiator di kanan-kiri.

Ringan
Knalpot kini diletakkan di samping, menggantikan model lama dengan knalpot yang muncul dari bawah jok. Hal ini dilakukan demi mengurangi bobot (15 kg lebih ringan), menyentralisasi berat, dan membuat sepeda motor lebih eksotis. Sisi ergonomis untuk pengendara diperbaiki dengan posisi duduk sedikit lebih tegak demi pengendaraan jarak jauh.

cycleworld Banyak komponen diperbarui, hingga bobot berkurang 15 kg.

Honda mengaplikasi rangka ringan aluminium twin-spar. Lengan ayun model tunggal di belakang, berpadu dengan garpu teleskopik dengan kekerasan suspensi yang dapat disetel untuk bagian depan. Tampang secara keseluruhan semakin modern dengan desain garis bodi baru, plus pengaplikasian lampu LED.

Banderol untuk model standar 12.499 dollar AS atau sekitar Rp 142 juta. Tipe Deluxe ditawarkan dengan 13.499 dollar AS atau setara Rp 154 jutaan. Tipe Deluxe, ditambahkan ABS, kontrol traksi, penghangat grip, dan standar tengah. Terdapat dua warna pilihan, merah dan putih mutiara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com