Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Mobkas Terseok-Seok pada Awal 2014

Kompas.com - 28/03/2014, 09:07 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Bisnis mobil bekas (mobkas) lagi lesu. Para pedagang terseok-seok berusaha bertahan dengan menurunkan harga jual dan memangkas keuntungan. Buktinya, penjualan mobil di Sentra Mobkas WTC Mangga Dua pada Februari turun hingga 25 persen menjadi 1.800 unit dari rata-rata penjualan bulanan 2.400 unit.

Mulai dipasarkannya mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) sejak akhir 2013 membuat sejumlah konsumen mobkas mulai beralih. Situasi awal tahun diperparah dengan terjadinya banjir tahunan di sejumlah daerah di Ibukota, dan lonjakkan suku bunga kredit kendaraan bermotor.

Manajer Pemasaran Senior WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, mengaku, memang ada dampak sesaat dari pemasaran LCGC. Tapi, seberapa besar dampak yang terjadi masih belum bisa diukur dengan jelas.

"Kita belum tahu secara pasti faktor apa yang paling kuat, sehingga menyebabkan penjualan Februari anjlok. Bisa jadi karena faktor banjir, dampak LCGC, atau juga kenaikan suku bunga kredit pembiayaan," jelas Herjanto disela acara penyerahan hadiah program “Kredit Langsung Lunas BCA Finance", di WTC Mangga Dua, Jakarta, Kamis (27/3/2014).

Tapi, memasuki Maret, angka penjualan di WTC Mangga Dua diakuinya mulai beranjak normal bahkan cenderung meningkat. "Sampai tanggal 27 Maret penjualan sudah mencapai 2.300 unit, kalau melihat trennya saya optimistis sampai akhir bulan bisa tembus angka 2.600 unit," yakin Herjanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com