Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Dorong Industri Komponen dari Luar Negeri

Kompas.com - 19/03/2014, 13:52 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Digelarnya pameran industri otomotif berskala internasional, INAPA 2014, di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 19-22 Maret, diharapkan menjadi jembatan untuk menarik investor asing. Paling tidak, masuknya investasi pabrik komponen untuk memasok mobil-mobil produksi Indonesia, khususnya "mobil murah" (LCGC) yang mempunyai syarat komponen minimal 80 persen.

Dikatakan Soerjono, Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian usai membuka INAPA 2014, pemerintah selalu berusaha mendorong lebih banyak perusahaan luar negeri agar mau berinvestasi. "Misalnya memasok LCGC, program yang kita canangkan sejak beberapa tahun lalu. Ini peluang baik untuk para pelaku di sektor industri seperti ini (komponen), baik lokal maupun asing," jelasnya.

Saat ini, kata Soerjono, sudah ada beberapa industri komponen mancanegara yang berminat untuk menanamkan modal. "Saya sudah bertemu dengan pemain industri komponen lokal dari Perancis, mereka berniat membuat pabrik di sini. Dan ini bagus," ungkapnya.

Ditambahkan, para peserta dalam INAPA 2014 yang berasal dari luar negeri akan melihat lebih detail, bagaimana prospek industri otomotif di Indonesia yang sangat besar. Meski demikian, Soerjono tetap menganggap industri otomotif domestik tetap milik masyarakat Indonesia.

"Banyak industri pendukung otomotif yang berasal dari luar negeri. Namun, industri yang berasal dari dalam negeri tetap akan lebih kami prioritaskan untuk berkembang," tukas Soerjono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com