Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Model Konsep 100 Tahun Maserati

Kompas.com - 04/03/2014, 18:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Geneva, KompasOtomotif – Menyambut ulang tahun ke-100, Maserati punya kado spesial untuk mengenang salah satu anggota keluarga pendiri, Alfieri Maserati. Mobil konsep kupe berkapasitas 2+2 dengan nama yang sama diperkenalkan hari ini, Selasa (4/3/2014), di Geneva Motor Show 2014.

Sejak didirikan pada 1914, Alfieri bersama “Maserati Brothers” sukses membangun perusahaan yang kini bersaudara bersama Ferrari di bawah naungan Fiat. Desain Alfieri Concept terinspirasi dari model sport Maserati lainnya, yakni A6 GCS-53 (1953), 3500 GT (1957), 5000 GT (1959), dan Indy (1969).

Saat ini, new Quattroporte dan Ghibli dijadikan model untuk meningkatkan citra sport, sementara calon model terbaru ini membangkitkan kembali era kejayaan Maserati di ranah balap dan grand tourer. Menggunakan basis yang sama dengan GranTurismo MC Stradale, dilengkapi mesin V8, 4.7 liter, bertenaga 460 PS, sistem gerak roda belakang. 

Kreasi ini diciptakan sebagai acuan dan kunci desain untuk masa depan. “Alferi merupakan transisi selama masa keemasan 100 tahun, kini masa depan terbuka dihadapan kami. Saya tidak bisa mengatakan mobil ini akan hadir dalam wujud produksi dua tahun ke depan, tapi saya yakin kita akan melihat sesuatu yang sangat serupa," ujar bos desain Maserati, Lorenzo Ramaciotti.

Sebelumnya, Maserati telah setuju melahirkan model sport kompak. Targetnya, bersaing dengan Jaguar F-Type dan Porsche 911. Model ini akan mengisi kelas bawah, agar GranTurismo bisa lebih leluasa mengeruk pasar premium kupe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com