Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Barat]

Servis Cepat Toyota Maksimal 1 Jam

Kompas.com - 21/02/2014, 11:48 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jambi, KompasOtomotif – Tak hanya di kota-kota besar, layanan servis cepat Toyota atau yang dikenal dengan express maintenance juga dapat ditemui di daerah-daerah seluruh Indonesia. Di Sumatera misalnya, setiap main dealer menyiapkan layanan ini di bengkel resmi seperti yang KompasOtomotif temukan selama mengikuti Avanzanation Journey wilayah Barat.

"Untuk menghadirkan Toyota Total Best Ownership Experience, Toyota menyediakan layanan servis cepat melalui Express Maintenance, dimana waktu pengerjaannya relatif lebih cepat dan dilakukan oleh 2 mekanik secara bersamaan. Melalui layanan ini, pelanggan bisa merasa lebih nyaman dengan waktu yang lebih efisien, dan tetap memiliki kualitas servis yang mengacu pada standar Toyota," jelas Widyawati Soedigdo, General Manager Corporate Planning & Public Relation PT Toyota Astra Motor.

Di Jambi misalnya, dua dealer resmi Toyota di bawah komando Agung Automall sudah dilengkapi layanan servis cepat. Jumlah stall yang disiapkan memang tak sebanyak bengkel-bengkel resmi di Jawa, tapi tetap membuktikan komitmen Toyota untuk memberikan servis yang sama kepada semua konsumen.

”Karena memang jumlah mobilnya tak sebanyak di Jawa. Di dealer AAM Sipin ada 1 stall, sedangkan di AAM Pal 10, yang baru diresmikan beberapa bulan lalu, ada 2 stall. Pelayanan ini menjadi andalan kami, karena banyak yang merasa terbantu dengan kecepatan servisnya,” urai Yunus Arif Prabowo Kepala Cabang Agung Automall Jambi.

Pangkas 50 Persen
Dijelaskan, layanan servis cepat mulai tersedia di Jambi sejak tiga tahun lalu. Lama waktu servis bisa dipangkas 50 persen, dari yang biasanya 2 jam menjadi 1 jam untuk servis berkala kelipatan 10.000 km. Untuk mendukung layanan ini, disiapkan dua mekanik dalam satu stall dengan sertifikasi di atas mekanik lain. Peralatan yang dipakai pun khusus.

Dalam sehari, rata-rata satu stall service cepat bisa mengerjakan 8-10 mobil (stall ”biasa” maksimal 5 mobil). ”Kami pun mengadakan survei kepuasan konsumen dengan dua metode, ditanya langsung setelah servis dan pengisian kuesioner. Dengan layanan ini, tingkat ketidakpuasan konsumen di Jambi cuma 2 persen,” ungkap Yunus.

Tak hanya di Jambi, semua dealer Auto2000 di Sumatera Barat juga menyediakan layanan serupa. Pantauan KompasOtomotif, stall servis cepat di Auto2000 Khatib Sulaiman tak pernah sepi. Abdul Chamad, konsumen yang sedang menyervis mobil di layanan cepat mengatakan sangat puas dengan layanan ini.

”Kalau bisa cepat kenapa harus lama-lama? Ini yang saya suka dari Toyota, pelayanannya selalu lebih baik. Mobil-mobil di kantor juga banyak yang pakai layanan express maintenance. Pernah anak buah saya minta servis empat mobil, karena sudah janjian (layanan booking service), datang pagi jam 10, selesai jam 14.30. Puaslah,” tukas Chamad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com