Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Memilih "Bertahan" Tahun Ini

Kompas.com - 28/01/2014, 19:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Daihatsu Indonesia memilih bertahan untuk tahun ini dengan maraknya gempuran dari merek lain. Persaingan yang semakin ketat di pasar, membuat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menargetkan penjualan hanya 185.942 unit, alias sama dengan hasil 2013.

"Kami akan defensif tahun ini, coba mempertahankan apa yang sudah kami capai tahun lalu," jelas Rio Sanggau, Kepala Pemasaran Domestik ADM di Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2014).

Menurutnya, penjualan utama masih akan ditopang oleh model terlaris Xenia, meskipun akan terjadi sedikit pergeseran di pasar. Pasalnya, Ayla sebagai salah satu model LCGC akan diproduksi penuh setahun, bukan cuma empat bulan seperti di 2013.

Tergerus
Hendrayadi Lastiyoso, Kepala Divisi Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation (DSO) selaku Dealer Utama Daihatsu di Indonesia menambahkan, tahun lalu Daihatsu sudah menjual 19.141 unit Ayla periode September-Desember 2013.

Menurutnya, rata-rata penjualan Ayla sekitar 3.000 unit per bulan tahun ini sehingga total 36.000 unit dari 185.000 unit. Jadi tetap akan ada pergeseran dari konsumen MPV bawah, tapi jumlahnya tidak besar. "MPV akan tergerus tahun ini, tapi secara volume tetap besar karena banyak model-model baru di pasar," cetus Hendrayadi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com