Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai-Kia "Cemas" Hadapi 2014

Kompas.com - 02/01/2014, 20:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber Reuters
Seoul, KompasOtomotif - Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai Motor Co dan Kia Motor Co, berharap yang terbaik di 2014. Afiliasi keduanya mengincar pertumbuhan 4 persen penjualan global tahun ini dengan kisaran total unit mencapai 7,86 juta. Sumbangan terbesar dipredikisi berasal dari pasar terbesar di dunia, China. Seluruh model kunci akan diberi penyegaran dan kapasitas produksi ditinggikan.

Prediksi ini terendah sejak 2003, padahal Hyundai-Kia terbilang sukses melewati krisis ekonomi di sektor industri otomotif global dalam satu dasawarsa ini. Tahun lalu keduanya berhasil men jual 7,56 juta unit, naik 6 persen dari 2012.

"Kompetisi di antara pabrikan semakin intensif, di saat yang sama ekonomi global memasuki era pertumbuhan rendah," ujar CEO Hyundai yang baru, Chung Mong-koo dalam pesan Tahun Baru di depan para pegawai. 
 
Target 2014 sejalan bersama ramalan pasar global yang dikatakan hanya tumbuh 4 persen. Hyundai-Kia mencapai puncak di 2010, mereka berhasil menawarkan model stylish dan terjangkau walaupun saat itu nilai tukar won terhadap dollar sedang merosot. 
 
Saat ini Won dihargai 22 persen lebih tinggi dibanding Yen 2013. Mata uang Jepang juga terus melemah terhadap dollar, membuat ekspor dari pabrikan negeri Sakura, seperti Toyota, Honda, dan Nissan lebih terjangkau jika dilihat dari perbandingan tersebut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com