Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa Adukan Brasil ke WTO

Kompas.com - 23/12/2013, 10:49 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber inautonews
Rio, KompasOtomotif -Uni Eropa (UE) mengadukan pemerintah Brasil pada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) karena dinilai diskriminatif. Terutama masalah pajak impor yang dikenakan pemerintah Brasil untuk beberapa produk, termasuk mobil dan komputer. Kebijakkan ini dinilai bertentangan dengan semangat pasar bebas yang menjadi dasar utama kesepakan seluruh anggota WTO, termasuk Brasil.

UE merupakan kawasan terbesar tujuan ekspor Brasil. Komposisinya sampai seperlima terhadap total ekspor. Kedua negara bahkan hampir sepakat untuk sama-sama memposisikan kawasan Amerika Selatan sebagai lokomotif ekonomi dunia ke depan.

Setelah 10 kali pertemuan antara kedua pihak, di kantor pusat WTO, Geneva, belum ada keputusan yang berhasil dicapai. Pihak UE menuntut agar Brasil menghapuskan pajak impor mobil ke Brasil karena dinilai tak adil dan melanggar perturan perdagangan bebas.

Industri Lokal
"Perlindungan terhadap industri lokal Brasil mengorbankan produk-produk impor dari Eropa dan itu tidak bisa diterima. Kami sudah melakukan banyak pertemuan berdua, tapi Brasil belum mengambil langkah kongkret," jelas salah satu perwakilan dari UE.

Komisi Eropa yang bertanggung jawab pada isu perdagangan 28 negara di bawah naungannya berhasil mendesak pemerintah Brasil. Negeri Samba diberi waktu 60 hari untuk segera mengakhiri masalah ini, atau menghadapi sanksi WTO dan dibekukan menjadi anggota aktif di pasar global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com