Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Aston Martin Vantage Versi Balap Makin Sangar

Kompas.com - 28/11/2011, 09:14 WIB

WARWICKSHIRE, KOMPAS.com - Aston Martin akhirnya memperlihatkan sosok Vantage V12 GT3  untuk musim balap tahun depan. Postur mobil ini terlihat sangar dengan bodi dibuat dari karbon dan atap aluminium sehingga menjadi lebih ringan. Khusus bodi, bisa dilepas dengan mudah dari sasis.

Beberapa komponen aerokit juga disertakan, antara lain bemper depan belakang, side-skirt, fender dan GT wing yang lebar di bemper belakang. Tambahan aerokit tersebut berfungsi untuk menunjang kemampuan mesin yang makin dahsyat setelah diganti dari  V8 dengan  V12 berkapasitas 6.0-liter.  

Bagian dalam mesin yang dimodifikasi adalah kruk as, diganti dengan versi balap dengan bobot ringan dan katup assy’. Hasilnya, tenaga mesin meningkat menjadi 600 PS dan torsi 700 Nm.

Untuk memindahkan tenaga  yang besar tersebut, dipasang transmisi sekuensial Xtract 6 percepatan dengan limited slip. Selanjutnya digunakan as kopel (propeller shaft) dari serat karbon untuk meneneruskan tenaga dari transmisi ke gardan pada as roda belakang.

Paket mesin beserta transmisi sudah diuji ketahanannya di Nurburgring. Hal yang sama juga dilakukan terhadap suspensi dan sistem. Di sirkuit itulah nantinya Vantage GT3 akan berjibaku dengan lawannya dalam ajang balap ketahanan 'Blancpain Endurance Series' dan 'VLN Nurburgring Series'.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com