Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir, Rugikan Produsen Mobil Thailand Rp4,5 Triliun

Kompas.com - 24/10/2011, 16:04 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Selama ini hanya dilaporkan, produsen mobil Jepang, seperti Honda, Nissan dan Toyota (terakhir munyusul Mitsubisi dan Mazda)  harus menghentikan produksinya gara-gara banjir besar yang melanda Thailand sampai saat ini.

6.000 unit
Terakhir menurut Toshiyugi Shiga, Ketua Japan Automobile Manufacturess Asscociation (JAMA, semacam GAIKINDO-nya Indonesia), setiap hari Thailand harus kehilangan 6.000 unit mobil yang seharusnya diproduksi. Hal itu disampaikan Shiga dalam suatu pers konfrerensi dengan wartawan akhir minggu lalu di Tokyo.

Sementara itu, menurut Bloomberg yang mengutip JP Morgan Chasel & Co., industri yang paling parah menderita akibat banjir Thailand adalah produsen mobil. Diperkirakan total kerugian selama sebulan akan mencapai 500 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 4,5 triliun.

Toyota, Honda, Nissan dan Mitsubishi sudah menghentikan produksi. Shiga yang juga COO Nissan mengatakan, produsen komponen Jepang sedang mencari pemasok komponen dari negara lain, termasuk Jepang agar perakitan di Thailand bisa jalan. Produsen mobil Jepang di Thailand memproduksi 1,6 juta unit pada tahun lalu.  

Bencana Kedua
Tahun ini, Thailand menargetkan bisa memproduksi 1,8 juta unit mobil. Namun karena bencana gempa dan tsunami Jepang pada Maret lalu, diperkirakan target tersebut tidak akan tercapai. September lalu, sebenarnya, produksi mobil di Thailand baru saja pulih. Karena itulah, banjir sekarang ini merupakan bencana kedua.

Thailand - dijuluki Detroit Asean - saat ini mengalami banjir terburuk dalam 50 tahun terakhir.  Produsen mobil Jepang di negara tersebut belum bisa memastikan kapan produksi mereka pulih kembali. “Susah memastikan kapan produksi mobil di Thailand kembali normal,” jelasShiga. Sementara itu diberitakan, ekspor Camry dan Prius ke Inggris kini juga terhenti.   

Ford Motor, dikabarkan telah menghentikan produksi sejak 19 Oktober lalu (model utama yang diproduksi di Thailand adalah Ranger dan Fiesta). Sementara General Motors mengaku belum terpengaruh karena banjir di Thailand.  

Honda yang telah menjadi Thailand basis produksi Honda kedua terbesar di Asia, merakit Civic, Accord, City dan CR-V dan mempunyai 40 pemasok yang membuat komponen bodi, mesin, suspensi dan sistem rem, kini masih terendam banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com