Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Juke Bertenaga GT-R

Kompas.com - 05/10/2011, 08:58 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Sempat beredar kabar seputar Nissan Super Juke yang memiliki tenaga dahsyat setara dengan  GT-R. Akhirnya Nissan mengonfirmasi kepastian hadirnya varian tersebut dengan nama Juke-R. Ray Mallock Ltd (RML) dipercaya untuk mengerjakannya bersama Nissan Technical Centre, Cranfield, Bedfordshire.

Saat ini sudah dipastikan mesin yang akan mengisi ruang di balik bonet adalah V6, 3.8-liter twin turbo sama seperti yang terdapat pada GT-R. Sebuah lompatan yang cukup besar mengingat mesin yang digunakan saat ini hanya 4 silinder segaris dengan kapasitas 1.5-liter dan 1.6-liter. Hal tersebut membuat para teknisi merombak dan memodifikasi ruang mesin agar muat menampung mesin ukuran besar tersebut.

Ubahan juga terjadi pada sistem penggerak yang menganut 4WD punya GT-R yang sudah disesuaikan secara bentuk dan dimensinya. Begitu pula dengan transmisi 6 percepatannya.

Proyek Juke-R ini dipersiapkan dua prototipe, masing-masing bersetir kiri dan kanan yang mengadopsi beberapa fitur  pada interior GT-R, seperti panel meter dan monitor LCD. Perangkat balap sebagai penunjang keselamatan seperti sepasang jok racing dan safety belt 5 titik terpasang di dalam kabin yang sudah dilapisi roll cage.

Penasaran jadinya seperti apa? November mendatang merupakan jadwal tes dan penampilan perdana Juke-R.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com