Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Rav4 EV Gen II Hadir Tahun Depan

Kompas.com - 04/10/2011, 12:09 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Tahun depan, Toyota siap memasarkan Rav4 EV (electric vehicle) Gen II atau generasi kedua. CEO Tesla, Elon Musk, ikut mengonfirmasi kebenaran berita ini lantaran pihaknya yang berperan menyuplai motor listrik. Adapun Rav4 EV generasi pertama masing menggunakan motor listrik buatan Toyota.

Meski demikian, Toyota Motor Corp (TMC) menyerahkan basis produksi Rav4 Gen II pada Toyota Motor Manufacturing Canada, Inc (TMMC) di Woodstock, Ontario. Musk yakin, Rav4 Gen II bisa menjadi "The Best Small Electric Car". Bahkan, perusahaan yang bermarkas di Palo Alto, California, ini enggan membuka kerja sama ataupun menerima order dari perusahaan lain, paling tidak dalam beberapa tahun ke depan.

Toyota menginvestasikan dana sebesar 100 juta dollar AS atau mendekati Rp 1 triliun kepada Tesla. Dana segar itu untuk memasok sistem penggerak motor listrik, termasuk baterai, motor, gearbox, dan power electronic yang akan digunakan pada Rav4 EV generasi kedua.

Dari segi tampilan, ada perubahan pada eksterior Rav4 Gen II, meliputi bemper depan, gril, lampu depan, foglamp, dan velg yang lebih besar menjadi 18 inci. Termasuk juga interior seperti trim jok, display multimedia di dasbor, push-button shifter, dan panel meter.

Mengenai performa, meski Rav4 EV Gen II memiliki bobot mesin lebih berat 100 kg dari versi V6 konvensional, akselerasinya hampir sama. Dalam kondisi baterai penuh, mobil dapat menjelajah 160 km.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com