Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Vettel Kuasai Latihan Bebas II

Kompas.com - 23/09/2011, 22:10 WIB

MARINA BAY, KOMPAS.com - Latihan resmi kedua F1 Singapura yang berlangsung satu setengah jam di sirkuit Marina Bay menjadi milik Sebastian vettel. Pebalap Red Bull Racing itu berhasil membukukan waktu terbaiknya 1 menit 46,377 detik di menit ke62 dan bertahan sampai latihan berakhir.

Wartawan Kompas.com Aloysius Gonsaga dari sirkuit Marina Bay melaporkan bahwa latihan kali ini lebih seru. Dua pebalap unggulan, Jenson Button (McLaren) dan Felipe Massa (Ferrari) hampir saja mengalami kecelakaan hebat akibat menikung terlalu lebar.

Tampaknya, saat lomba nanti, Ferrari akan memberi perlawanan terhadap Red Bull. Karena, di sesi ini, Fernando Alonso membayang di urutan kedua dengan waktu 1:46,575. Waktunya itu membuat dirinya sempat menjadi yang tercepat sebelum dipatahkan Vettel.

 

Button hampir menabrak

Berangkat dari hasil yang kurang memuaskan pada sesi pertama, duo Ferrari lebih awal masuk lintasan. Pada menit ke-8, Alonso melarikan maksimal mobil dan berhasil menjadi yang tercepat 1:49.071. Satu menit kemudian, giliran Webber coba melampauinya, ternyata kalah cepat.

Namun posisi Alonso it hanya bertahan satu menit. Ketika Vettel masuk lintasan mampu mempertajam waktu Ferrari jadi 1:48.171 detik.Malah pebalap Jerman ini dapat melaju lebih cepat dengan 1:47.688 yang diukir pada menit ke-16. Dan gebrakan terus berlanjut di menit 21 dengan hasil lebih cepat 0,313 lagi.

Hamilton, pebalap tercepat di sesi pertama, baru masuk trek di menit 30. Namun ia terlalu melebar ketika masuk tikungan 14 dan mobilnya sempat menghajar kerb, sehingga catatan waktunya sangat jelek. Baru menit ke-34 ia mencatat rekor terbaiknya 1:48.906 dan masih kalah cepat dengan Vette.

Melihat Hamilton masuk trek, Vettel pun yang sempat istiharat lama, meluncur dengan RB7. Meski gagal melampaui waktu sendiri, tapi waktunya hanya lebih lambat 0.760.

Bendera kuning berkibar di menit 41 karena ada mobil McLaren yang dikemudikan Button berhenti di tikungan 14. Mobil seperti tidak mau membelok dan beruntung ia dapat menghentikan mobil dan tidak mencium dinding pembatas. Melalui radio ia katakan bahwa gigi munndurnya tidak bekerja dan ia pun meninggalkan mobilnya.

Massa membuat kejutan di menit 47. Ia tampil dengan ban kompon terlunak, pebalap Brasil yang di menit awal sempat hampir menabrak dinding pembatas akibat menikung terlalu melebar, mampu melampaui waktu Vettel yang lama bertahan. Ia mengukir waktu tercepat 1:47.120 namun dapat dipertajam Alonso menjadi 1:46.575.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com