Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cosworth Siap Kembangkan Mesin V6 Turbo untuk F1

Kompas.com - 05/08/2011, 11:50 WIB

INGGRIS,KOMPAS.COM - Badan dunia olahraga otomotif FIA telah mengkonfirmasi bahwa pada 2014 mesin F1 yang sekarang V8 non-turbo akan diganti dengan V6 1.600 cc turbo dengan batas putaran mesin tertinggi 15.000 rpm. General Manager Cosworth - perusahaan pembuat mesin untuk kompetisi - Markus Gallager mengatakan bahwa perusahaannya sanngat tertarik untuk mengembangkan mesin F1 terbocharged.

"Kami menyabut baik peraturan baru itu dan mendaftarkan untuk V6 bersam dengan produsen lainnya," ungkap Gallager.

Cosworth bukan pemain baru di ajang F1. Mereka sudah terjun ke arena jet darat sejak 1960-an dengan menyuplai beberapa tim-tim besar di antaranya Brabham ketika diperkuat pebalap Nelson Piquet, pernah juga bersama Williams dan McLaren. Namun yang terakhir memakai mesin Ford garapan mereka.

"Merancang mesin baru merupakan bagian dari sumber kehidupan Cosworth. Jadi, kami memiliki tim yang sangat termotivasi dan para insinyur serta desainer kami di Northampton sangat berpengalaman," papar Gallager.

Gallager menegaskan bahwa mesin V6 pertama turbo sudah pernah dikerjakan mereka. Ketika F1 memakai turbo era 1977 - 1988 lomba didominasi produsen mobil besar seperti Honda, BMW dan Renault. "Kepindahan ke mesin kecil, kami siap melahirkan yang lebih efisien," katanya.

Saat ini Cosworth memasok mesin ke tim Williams, Virgin dan HRT. Tampaknya, tahun depan akan kehilangan pelanggan dari tim besar Williams yang pindah menggunakan Renault.

"Kami harus kerja keras dengan tiga tim. Saya yakin Virgin Racing dan HRT F1 akan membuat langkah lain yang baik pada 2012," tutup Gallager.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com