Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota "Recall" Dua Model Hibrida di AS

Kompas.com - 30/06/2011, 06:07 WIB

DETROIT, KOMPAS.com — Toyota mengumumkan kampanye penarikan untuk perbaikan massal (recall) terhadap dua model hibridanya, yakni Higlander produksi 2006-2007 dan Lexus RX400h (2005) yang dipasarkan di Amerika Serikat. Total dari kedua unit mencapai 83.200 unit dengan komposisi masing-masing 45.500 unit (Highlander) dan 37.700 unit (Lexus RX400h).

Seperti dilansir EGMcartec (29/6), Toyota me-recall Highlander dan Lexus RX400h karena terdapat kelainan pada bagian intelligent power module (IPM) berlokasi di dalam sistem inverter hibrida kendaraan. Pada sirkuit elektronik yang ada ditemukan beberapa transistor dipasang kurang sempurna, memicu terjadinya panas berlebihan karena waktu mengemudi yang panjang.

"Jika hal ini dibiarkan, beberapa masalah bisa muncul di dalam kabin. Dalam banyak kasus, kedipan lampu indikator pada kabin mobil terus menyala dan mengarah pada tak berfungsinya moda mengemudi yang aman," tulis Toyota.

Toyota juga mengkhawatirkan kemungkinan terjadinya kerusakan permanen pada sistem hibrida yang ujungnya pada kendaraan mogok. Recall mulai dilakukan pertengahan bulan depan, bebas biaya!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com