Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel Perkasa di Valencia, Alonso Hebat

Kompas.com - 26/06/2011, 20:28 WIB

VALENCIA, KOMPAS.com — Sebastian Vettel luar biasa hebat ketiba berlomba di F1 Eropa yang berlangsung di Sirkuit Valencia, Spanyol, Minggu (26/6/2011). Ia berhasil memenangi lomba menempuh 57 lap tanpa mendapat perlawanan, baik dari Ferrari maupun McLaren, dan menyelesaikan lomba dengan total waktu 1 jam, 39 menit, dan 36,196 detik.

Vettel memimpin lomba sejak start yang dilakukannya dengan sempurna. Bahkan ketika tiga kali melakukan pit stop pun, pebalap Jerman ini tetap bisa mempertahankan posisi terdepannya. Bahkan Alonso ditinggalkannya 12 detik lebih.

Kemenangan keenamnya dan ketujuh kalinya berada di posisi pole musim ini tersebut membuat posisi klasemen sementaranya kian kokoh dengan 186 angka. Ia unggul 77 angka dengan peringkat kedua yang dihuni Jenson Button (McLaren).

Tempat kedua F1 Eropa direbut pebalap Ferrari, Fernando Alonso, yang berlomba dengan semangat juang tinggi. Menjelang masuk pit stop kedua, ia mampu melibas Mark Webber meski setelah masuk pit posisinya kembali ke urutan ketiga.

Namun, di pit stop ketiga, saat ia berada di urutan kedua—karena Webber masuk pit stop ketiga—Alonso dapat mempertahankan posisi keduanya. Ia sudah mencurahkan kemampuan mengemudinya melebihi batas. Ia sempat sekali menikung terlalu melebar agar jarak dengan Red Bull tidak terlalu jauh.

Adapun rekan setim Vettel, Webber, harus puas berada di urutan ketiga. Di balapan ini ia melakukan start yang sempurna. Hanya saja, ia kalah bersaing dengan Alonso.

Jalan lomba

Balapan yang berlangsung 57 lap dilepas dengan duo Red Bull melejit mulus. Di luar dugaan, Felipe Massa berhasil menyodok ke posisi ketiga melewati Alonso dan Hamilton. Namun, saat masuk tikungan patah pertama, Alonso dapat mengambil kembali posisi ketiganya dari sisi luar.

Sampai lap ke-4, formasi terdepan belum berubah, masih dipegang Vettel diikuti Webber, Alonso, dan Massa. Bahkan Vettel mencatat waktu tercepat 1:45,186. Persaingan justru terjadi pada Button yang berusaha menyalip Nico Rosberg. Upaya Button berhasil di lap ke-6 tikungan pertama.

Performa RB7 yang dikemudikan Vettel luar biasa kencang. Buktiknya, pada lap ke-8 ia meninggalkan rekannya dari selisih 2,8 detik menjadi 3,04 detik. Alonso tetap ketiga yang mencoba mendekati Webber yang kalah tenaga sampai menikung terlalu melebar agar bisa menempel saat masuk tikungan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com