Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lepas Piaggio, SKN Punya SYM

Kompas.com - 10/06/2011, 17:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila sampai kehilangan hak memasarkan produk Piaggio di Indonesia, pasca berdirinya PT Piaggio Indonesia, PT Sentra Kreasi Niaga (SKN) - anak perusahaan Sun Motor - yang mengimpor utuh sepeda motor dari Italia, sudah punya penggantinya. Mereka siap memasarkan produk dari Taiwan.

Seperti diketahui, PT Dan Motor menghentikan produksi Piaggio di Indonesia pada 2000 karena terhimpit krisis ekonomi. Karena tak ada pemasok, kemudian SKN mengambil alih pemasaran dengan memasok unit CBU dari Italia pada akhir 2006. Setelah berhasil meningkatkan kembali pamor merek Italia ini di Indonesia, prinsipal melalui PI yang dibentuk tahun ini mengambil alih semua kewenangan.

"Sejak kami berdiri, maka kewenangan semua merek Piaggio resmi di tangan kami," ujar Sergio Mosca, Managing Director PT Piaggio Indonesia di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (9/6/2011). Mulai tahun ini, Piaggio Indonesia memasarkan lima merek Piaggio dan Vespa diimpor utuh dari Vietnam dengan harga lebih kompetitif dari pada CBU Italia.

Menanggapi hal ini, Presiden Direktur SKN Nugroho Tjandrakusuma mengatakan, pada pertemuam awal, prinsipal berniat memberikan kewenangan untuk tetap memasok unit Piaggio dari Italia. Tapi, sepertinya kebijakan itu akan berubah. "Mereka akan menutup kesempatan memasarkan Piaggio dan Vespa. Tapi untuk merek lainnya seperti Aprilia sepertinya masih ada kesempatan, bulan depan akan ada pertemuan lanjutan," jelas Nugroho di Matraman, Jakarta Pusat, hari ini.

Merugi

Sementara itu, dampak pencabutan hak pemasaran SKN terhadap produk-produk Piaggio menimbulkan kerugian yang lumayan bagi perusahaan. Nugroho mengaku masih punya sekitar 100an unit Piaggio Zip dan harus dibanting harganya mengikuti patokan yang ditetapkan PI.

Harga Piaggio Zip CBU Italia semula dibandrol Rp 18 juta, sedangkan Zip CBU Vietnam dibandro Rp12 juta per unit. "Otomatis kita harus jual rugi, karena tak ada perusahaan pembiayaan yang mau dengan harga lama, kita merugi. Kalau dihitung-hitung di bawah Rp1 miliar," ujar Nugroho.

Dengan alasan ini, maka Sun Motor melalui anak perusahaan SKN mengandeng merek sepeda motor asal Taiwan, Sym sebagai pengganti. Ketika dikonfirmasi mengenai hal ini, Nugroho menyatakan, "Bukan serep. Karena produk, harga dan model yang disasar beda segmen dengan Piaggio. Tapi, kesempatan Sym berkembang di Indonesia terbuka lebar, potensinya besar."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com