Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sonata, Sedan Kupe Hyundai dengan Banderol Rp 400 Juta

Kompas.com - 19/05/2011, 17:56 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Hyundai Mobil Indonesia memperkenalkan produk premium atau mewahnya, yaitu sedan kupe empat pintu Sonata, kepada wartawan di Lembang, Bandung, semalam.

"Wartawan merupakan tamu kehormatan, orang Indonesia yang pertama melihat produk kami dan akan diluncurkan secara resmi pada Indonesia International Motor Show 2011 (IIMS 2011) Juli mendatang. Mobil baru ini adalah Sonata, sedan mewah Hyundai yang dipasarkan di Indonesia," ungkap Jongkie D Sugiarto, Presiden Direktur Hyundai Mobil Indonesia.

Sedan ini sebenarnya sudah diperkenalkan di Korea Selatan pada September 2009. Ciri khasnya, seperti model-model Hyundai sekarang, tampil dengan desain bergaya Eropa. "Ini merupakan produk pertama Hyundai yang menggunakan konsep desain baru, yaitu fluidice scuplture," tambah Jongkie.

Meski hanya perkenalan, fitur yang akan digunakan untuk sedan ini sudah dijelaskan, antara lain tombol engine start, komputer 3D dan paddle shifter, pedal gas tipe organ, serta warna kulit interior yang bisa dipiih sesuai keinginan pembelinya.

Sedan Sonata yang akan dipasarkan ini menggunakan mesin Theta II 2,4 liter dengan teknologi DOHC. Mesin menghasilkan tenaga 178 PS @ 6.000 rpm dan torsi 23,3 kg-m @ 4.000 rpm. Hal yang mendukung mobil digunakan untuk perjalanan jauh adalah kapasitas tangki bensin yang bisa memuat 70 liter.

Untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda, digunakan transmisi otomatik shifttronic 6-percepatan. Adapun warna pilihan bodi, yaitu Sleek Silver, Chrystal White, dan Black Diamond.

Mobil dengan panjang 4.820 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 1.470 mm serta jarak antar-sumbu roda 2.796 mm ini rencananya dibanderol Rp 400 juta. "Harga tersebut belum termasuk pajak. Kalau ditambahkan pajak, akan menjadi Rp 440 juta. Sangat kompetitif di kelasnya," ucap Jongkie. 

Berdasarkan dimensi dan mesin yang digunakan, Sonata ini bersaing dengan produk Jepang, yaitu Honda Accord, Toyota Camry, dan Nissan Teana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com