Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren MPV Kompak atau Minivan

Kompas.com - 28/01/2011, 19:25 WIB

KOMPAS.com - Sekarang tren dunia dilanda oleh MPV atau di Eropa dan Amerika Serikat disebut minivan. Buktinya, makin banyak produsen berencana memproduksi minivan di waktu yang akan datang. Termasuk, mobil hibrida, dalam upaya menarik konsumen yang peduli dengan lingkungan. Di samping itu, tentu saja antisipasi terhadap harga bahan bakar yang makin “mencekek” kantong.

Pertanyaan yang muncul, apa sih hebatnya minivan sehingga sekarang makin banyak produsen mengarah ke sana? Faktor utama,tentu saja kencenderungan konsumen lebih memilih kendaraan jenis ini. Pertama, daya muat yang banyak,bisa sampai 7-penumpang. Meski tidak setiap hari dimuati 7-penumpang, namun pada acara keluarga di akhir pekan, mobil jenis ini menjadi “pemersatu”. Hebat kan?

Karena itu pula jangan heran, jenis MPV atau minivan mengalami pertumbuhan paling cepat di Indonesia. Segmentasinya pun terus berkembang, mulai dari yang paling bawah sampai supermewah dengan ukuran besar.

Lantas, mana yang akan Anda pilih? Ada baiknya jika Anda memilih jenis MPV yang memiliki ukuran luar kompak, namun di dalamnya lega. Dengan ukurannya yang kompak bisa digunakan sebagai kendaraan harian. Apalagi dengan kondisi lalu lintas yang makin macet dan harga bensin yang makin mahal, semua itu memenuhi kriteria. Terlebih lagi jika mesin yang diusungnya canggih dan tenaganya bisa diandalkan, juga efisien alias tidak cepat mengurangi kantong atau rekening. Semua ini hanya bisa Anda temukan di Honda Freed.

Kok Lega Sih?
 Kompak, tapi lega! Itulah kehebatan dari konsep Honda Freed. Semua aspek dari kendaraan dirancang dengan cermat. Contoh, dengan lantai lebih rendah, penumpang merasa lega, bahkan bisa berjalan dari depan ke jok belakang atau sebaliknya. Lantai rendah, berarti juga membuat mobil lebih stabil karena, titik gravitasi rendah dan jadi lebih aman.

Konsep modern ini dipertegas dengan diterapkannya desain bodi “Triangle Square” yang memikat. Ya,... kombinasi segitiga di depan dan segi empat atau kotak di belakang. Segitiga di depan, untuk menghasilkan aerodinamika sehingga kendaraan efisiensi ketika dikebut. Sedangkan kotak atau segi empat di bagian belakang, untuk menghasilkan interior yang lega.

Smart Interior
 Salah satu rancangan interior termodern dan tidak dimiliki oleh minivan lain adalah pemanfaatan ruang kokpit seefisien mungkin. Caranya, rem tangan (parkir) dan tongkat transmisi, tidak lagi ditempatkan di samping dan bagian antara jok pengemudi dan penumpang depan.

Tongkat transmisi – otomatis – ditempatkan di dasbor namun mudah dijangkau. Rem parkir, di kaki – tempat sebelumnya digunakan untuk pedal kopling. Hasilnya, penumpang depan atau belakang mudah berpindah. Bahkan bisa dilakukan ketika minivan ini melaju. Konsep ini disebut dengan “Walk-through Cabin”.

Bangku ketiga dapat dilipat dengan sistem” lift-up” untuk memberikan ruang bagasi yang makin lega. Ruang bagasi untuk 7 penumpang 142 liter namun bila dilipat atau hanya dimuat 4-penumpang bisa mencapai 672 liter. Berarti perlengkapan liburan keluarga bisa dibawa dengan mudah!

Yang tak kalah menarik, Honda Freed juga dilengkapi dengan fitur-fitur serba otomatis seperti Automatic Air Conditioning, Power Sliding Door dan Power Retractable Door Mirror; juga fitur keselamatan terdepan seperti ABS, EBD & BA, G-CON+ACE, dan dual SRS airbags. Nah, sekarang tinggal Anda yang memutuskan. Dengan seabrek keunggulan tadi, Honda Freed tentu menjadi pilihan paling menggoda.

Untuk informasi lebih lanjut klik www.honda-indonesia.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com