Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan "Recall" 2,14 Juta Mobil, Termasuk March

Kompas.com - 29/10/2010, 15:50 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Nissan Motor Company mengumumkan akan menarik dan memperbaiki (recall) terhadap 2,14 juta unit produknya, antara lain March/Micra, Cube, dan beberapa model Infinity di negara maju.

Nissan mengatakan, recall dilakukan karena kerusakan pada sistem pengapian yang mengakibatkan mesin berhenti bekerja atau mati. Recall terbesar dilakukan di Jepang, mencapai 835.000 unit. Sementara di Amerika Serikat dan Kanada, total 762.000 unit.  Di negara lain seperti Inggris, Spanyol, China, dan Taiwan, mobil yang diminta ke bengkel tersebut adalah produksi rentang Agustus 2003 sampai Juli 2006.

Juru bicara Nissan, Toshitake Inoshita, memastikan tak ada kecelakaan terkait permasalahan tersebut. Nissan juga enggan menginformasikan jumlah kerugian karena unit yang di-recall masif. Nissan mengklaim hanya membutuhkan waktu 25 menit untuk memperbaiki kerusakan itu.

Aksi recall lebih dari satu juta unit di industri otomotif tampaknya semakin umum. Penyebabnya, penurunan biaya produksi dengan menggunakan komponen yang sama untuk beberapa model. Akibatnya, bila terjadi cacat pada suatu komponen, semua model yang menggunakannya akan terinfeksi.

Pekan lalu, Toyota Motor Corporation melakukan hal yang serupa untuk 1,66 juta unit karena ada permasalahan pada rem dan pompa bensin. Alhasil, Toyota telah melakukan recall yang mencapai 14 juta unit kendaraan di seluruh dunia sampai tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com