Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Crossover Saab 9-4x Mewarisi Platform GM

Kompas.com - 19/10/2010, 10:07 WIB

TROLLHAETTAN, KOMPAS.com - Saab meluncurkan model crossover 9-4x. Model yang akan tampil perdana di Los Angeles Auto Show bulan depan ini menggunakan platform Theta Premium (milik GM) yang juga digunakan oleh Cadillac SRX dan didesain sepenuhnya di Detroit.

Produksi 9-4x akan dilakukan bersamaan dengan SRX di pabrik GM di Ramoz Arizpe, Meksiko. Sosoknya dipastikan mendekati konsep 9-4x BioPower yang hadir pada Detroit Auto Show 2008.

Jantung pacunya menggunakan mesin V6 3,0 L dengan 265 PS yang dilengkapi teknologi injeksi langsung. Saab menawarkan pilihan sistem penggerak dua (2WD) dan empat roda (4WD).  Untuk varian 2WD dapat berakselerasi 0 - 100 km/jam dalam 7,9 detik dan konsumsi bahan bakar 7,0 km/liter.

Pilihan mesin lainnya V6 2,8 L dengan turbocharger yang menghasilkan 300 PS. Mesin ini milik GM, namun turbocharger yang dipakai dikembangkan oleh Saab. Torsinya mencapai 400 Nm yang dapat dicapai antara 2.000 hingga 4.000 rpm. Berpasangan dengan transmisi otomatis 6-speed, 9-4x berpenggerak empat roda ini dapat berakselerasi 0 - 100 km/jam dalam 7,7 detik. Saab mengklaim jika konsumsi bahan bakar kombinasi dapat mencapai 6,3 km/liter.

Teknologi penggerak empat roda yang dimiliki Saab (XWD) akan menjadi kelengkapan standar pada varian Aero dan pilihan pada varian standar. Sistem penggerak ini memiliki limited-slip differential yang dikontrol secara elektronik (disebut eLSD) pada sumbu roda belakang yang dapat membagi torsi 50:50 di antara kedua roda belakang.

Suspensi DriveSense yang ditawarkan dapat diatur oleh pengemudi antara mode "comfort" dan "sport". Pilihan lain adalah "Eco" yang dapat mengatur bukaan pedal gas dan karakteristik perpindahan gear agar secara optimal menghemat bahan bakar.

Kenyamanan Kabin Kenyamanan  sedan ditawarkan pada crossover 9-4x. Kabinnya serupa dengan model sedan 9-5. Panel instrumen terfokus pada pengemudi dengan sentuhan aksen kayu atau serat karbon. Tempat duduk berbalut bahan kulit, dengan pengaturan tempat duduk secara elektrik pada bangku pengemudi.

Sistem audio premium ditawarkan oleh Bose 5.1 dengan sistem navigasi berlayar sentuh sebagai pilihan tambahan. Di balik kedua headrest depan , terdapat layar 8 inci untuk memutar film dari DVD.

9-4x mulai dijual di AS Mei tahun depan, sementara di benua Eropa dan pasar global lainnya akan hadir paling cepat Agustus 2011. Sayang, banderolnya baru akan diumumkan menjelang dipasarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com