Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Wirjawan: Hyundai Belum Pastikan Bikin Mobil Murah

Kompas.com - 29/09/2010, 19:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita Wirjawan, mengungkapkan bahwa pihaknya saat melakukan kunjungan ke Korea Selatan beberapa waktu lalu, sempat bertemu dengan perwakilan Hyundai.

Ketika itu, dibicarakan  kemungkinan mendirikan  pabrik mobil Hyundai  di Indonesia. "Memang ada pertemuan, tapi masih jauh. Mereka memang tertarik  membuat mobil murah (low-end). Namun mereka juga sadar kalau Suzuki minggu lalu juga datang ke Indonesia. Juga ada merek lain yang sudah menyatakan niat bikin mobil murah di Indonesia," jelasnya kepada pewarta.

Lebih lanjut Gita mengungkapkan, menarik investor luar mendirikan basis produksinya di Indonesia, pemerintah sangat berkepentingan membentuk  manufaktur mulai dari logistiksampai ke infrastruktur.

"Investasi itu tidak hanya perakitann tapi proses produk total," ujarnya. Sebelumnya beredar kabar bahwa tiga perusahaan otomotif seperti Suzuki, Daihatsu dan Hyundai berminat membuat mobil murahdi Indonesia.

Dari ketiga perusahaan tersebut, baru Suzuki yang memastikan akan menambah investasinya  US $468 juta dalam 2-3 tahun ke depan. Penambahan ini untuk menggandakan kapasitas produksi mobil Suzuki di Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com