Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredit Mobil Capai Rp 40 Triliun

Kompas.com - 05/07/2010, 10:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembelian mobil baru dengan kredit masih menjadi mayoritas konsumen di Indonesia. Buktinya, hingga pertengahan 2010, pembiayaan mobil melalui kredit diperkirakan sudah mencapai Rp 40 triliun.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Wiwie Kurnia mengatakan, pertumbuhan kredit mobil di Indonesia selaras dengan kondisi pasar. Ini tentu berpengaruh juga pada aset perusahaan pembiayaan (multifinance) yang banyak dipengaruhi oleh pasar otomotif nasional karena berkontribusi cukup signifikan, sekitar 60 persen.

Menurut data penjualan sementara, total pasar mobil nasional sepanjang semester pertama tahun ini sudah menembus 360.000 unit. Sementara itu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) masih menargetkan pasar nasional 650.000 unit pada tahun ini.

"Dari total penjualan mobil baru di Indonesia, lebih dari 70 persen menggunakan bantuan multifinance (kredit). Nah, mayoritas hampir 90 persen yang mendominasi menggunakan kredit itu mobil-mobil dengan harga Rp 150 juta-Rp 200 jutaan," ujar Wiwie kepada Kompas.com, kemarin.

Pada awal tahun, APPI memproyeksikan aset multifinance tahun ini bisa mencapai Rp 200 triliun. Mengacu data Statistik Ekonomi Keuangan Indonesia dari Bank Indonesia, total penyaluran kredit multifinance per April tahun ini menembus Rp 152,23 triliun atau naik 16,5 persen dari periode yang sama tahun lalu, Rp 130,65 triliun.

Kenaikan tersebut didorong kontribusi segmen pembiayaan konsumen 67,8 persen atau sebesar Rp 103,32 triliun. Segmen ini termasuk pembiayaan kendaraan bermotor dan barang konsumsi (elektronik).

"Dari jumlah itu, kalau untuk mobil saja bisa mencapai 40 persen. Berarti, prediksi saya sampai semester pertama tahun ini pembiayaan kredit mobil bisa Rp 30 triliun-Rp 40 triliun," papar Wiwie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com