Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Great Wall Perluas Pasar di Eropa

Kompas.com - 25/05/2010, 13:44 WIB

CHINA, KOMPAS.com — Gerakan Great Wall menembus pasar Eropa kian gencar. Setelah menyatakan akan memperluas usahanya di Bulgaria dan Italia, kini pabrikan mobil asal China itu membidik dua pasar terbesar di Benua Biru, yakni Inggris dan Jerman. Hal ini diutarakan salah seorang eksekutif seniornya dalam wawacara dengan Reuters.

Pernyataannya menyebutkan, perusahaan berencana memperluas jaringan dealer (lebih dari satu) di setiap negara di Eropa, kecuali bagian utara, tengah, dan timur yang hanya akan ada satu unit.

"Kami tengah membicarakan dengan mitra di beberapa negara kunci di Eropa seperti Jerman, Perancis, Inggris, dan Spanyol. Perlu beberapa waktu untuk menembus pasar tersebut. Mungkin dalam dua atau tiga tahun," ujar sumber itu seperti dikutip autoevolution, Senin (24/5/2010).

Secara terpisah, Xing Wenlin, General Manager Perdagangan Internasional Great Wall, pekan lalu, mengatakan, perusahaan berniat masuk ke negara ketiga di Eropa dalam waktu dekat. Kabarnya negara ini berada di Benua Biru bagian utara.

"Mungkin di sebelah utara, seperti Swedia, merupakan pasar terumit yang ada di Eropa. Di sini juga banyak merek lokal, bahkan merek Jepang dan Korea kurang sukses," ujar Wenlin.

Tahun lalu Great Wall mencatatkan performa ekspor 35.000 unit. Dari jumlah itu, 27.000 unit merupakan model bak terbuka (pick up) yang dipasok ke beberapa negara di Timur Tengah, Afrika, Australia, dan Asia Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com