Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
DETROIT MOTOR SHOW 2010

Honda CR-Z, Mobil Sport Coupe Hibrida

Kompas.com - 29/01/2010, 03:46 WIB

Tampaknya mobil-mobil hibrida dimunculkan di Detroit Motor Show 2010 yang berlangsung 11-24 Januari di Amerika Serikat. Selain Volkswagen New Compact Coupe, juga diperkenalkan Honda CR-Z, mobil sport coupe hibrida versi produksi. Menurut American Honda Motor Co Inc, mobil hibrida yang bergaya aerodinamis itu berperforma sport.

Honda CR-Z yang akan dipasarkan pada bulan Juni mendatang itu akan menyandang mesin bensin berkapasitas 1.5 Liter dan motor listrik ringan (Integrated Motor Assist/IMA). Dan, mobil yang hanya dikhususkan bagi dua orang itu dilengkapi dengan tiga pilihan mode pengendaraan, yakni Sport, Econ (economy), dan Normal.

CR-Z merupakan versi mobil hibrida Honda yang keenam setelah teknologi IMA diperkenalkan pada Insight pada tahun 2000. Mobil hibrida Honda, Insight, adalah mobil hibrida pertama yang dipasarkan di Amerika Utara pada bulan Desember 1999.

Honda CR-Z menggabungkan mesin bensin berkapasitas 1.5 Liter, 4 silinder segaris, 16 katup (4 katup per silinder), intelligent Variable Valve Timing and Lift Electronic Control (i-VTEC), dengan motor listrik (IMA). Teknologi i-VTEC mengontrol pembukaan dan penutupan salah satu katup masuk per silinder untuk meningkatkan pembakaran pada putaran mesin rendah.

Motor listrik bertenaga maksimum 13,4 PK yang membantu mesin 1.5 Liter saat berakselerasi, juga berfungsi sebagai generator pada saat mobil direm untuk mengisi persediaan listrik baterai nickel-metal hydride bertenaga 100 volt.

Gabungan antara mesin bensin dan motor listrik menghasilkan tenaga maksimum 122 PK pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 173 Nm pada 1.000-1.500 rpm (167 Nm pada varian yang menggunakan persneling CVT).

Varian yang menggunakan persneling manual dilengkapi dengan 6 tingkat kecepatan. Dari 6 tingkat kecepatan itu, 5 gigi persneling berfungsi memaksimalkan akselerasi, dan gigi ke-6 hanya untuk memaksimalkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Honda CR-Z dilengkapi dengan hill start assist, yang membuat mobil tidak mundur saat akan mulai bergerak di jalan yang menanjak. Pada saat injakan kaki pada pedal rem dilepas dan kaki bergerak ke pedal gas, rem tetap bekerja (sekitar 1,5 detik) sampai pedal gas diinjak.

Bagi varian yang menggunakan persneling otomatik CVT, perpindahan gigi persneling berlangsung halus, tanpa sentakan. Jika ingin pengendaraan yang lebih sporty, pengendara dapat melakukan pergantian gigi secara manual melalui tombol yang terdapat di setir. Pada saat mode Sport diaktifkan, pergantian gigi persneling baru berlangsung pada putaran mesin tinggi. (JL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com