Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Viar dari China Sodorkan Tiga Model Baru

Kompas.com - 08/01/2010, 09:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru 2012 nanti, ASEAN -China Free Trade Area (AC-FTA) diberlakukan, namun satu persatu produk dari negeri Panda, khususnya motor bermunculan. Bahkan merek Viar yang sudah meramaikan pasar Indonesia sejak 2000, melalui pemegang mereknya PT Triangle Motorindo (TM) serius menggarap potensi pasarnya.

TM berani menaikkan target penjualan sampai 100 persen menjadai 15.000 unit per bulan dari yang sebelumnya 7.000 unit per bulan. Untuk memuluskan target tersebut, TM menyiapkan tiga model baru Viar, yakni skutik berkapasitas 125cc, motor roda tiga terbaru (200cc), dan Vix-R (150cc) yang sudah diluncurkan Desember 2009.

"Kami membidik konsumen dengan penghasilan bulanan standar UMP (upah minimum provinsi) sekitar Rp1juta. Dan besarnya pasar di tingkat ini sangat menjanjikan," papar Marketing Division Head, PT Triangle Motorindo Ahmad Zafitra Dalie di Jakarta, Kamis (1/1/10).

Dijelaskannya, potensi perkembangan pasar pada konsumen di tingkat bawah masih sangat besar. Bahkan, sepanjang tahun 2006 hingga 2008 penjualan Viar sempat melonjak 300 persen menyentuh angka 15.000 unit per bulan.


Skutik Baru
Sementara itu, varian skutik akan menjadi segmen baru yang dibidik TM seiring bertambahnya volume permintaan di pasar. Harganya diperkirakan Rp8 juta per unit on the road Jakarta.

"Sekarang produk sudah ada, tinggal disiapkan promo marketingnya saja. Targetnya, semester pertama tahun ini sudah bisa diluncurkan," jelas Dalie.

Viar merupakan produk rakitan lokal (completely knock down/CKD) dari China dengan komposisi kandungan lokal mencapai 40 persen. Saat ini pemasaran motor didukung oleh 30 dealer utama di seluruh provinsi Indonesia dengan layanan 3S (sales, service, sparepart).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com