Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha V-Ixion Bercahaya di Kegelapan

Kompas.com - 25/11/2009, 14:37 WIB

KOMPAS.com — Baju glow in the dark sudah umum. Namun, kalau itu adalah motor,  maka hasilnya istimewa, terutama di Pontianak, Kalimantan Barat. Ini seperti yang diperbuat oleh Hendry dari rumah modifikasi Dr X pada Yamaha V-ixion 2009 dengan bodi yang sudah dimodifikasi. Ketika melintas di kegelapan, bodi motor jenis sport berlambang garpu tala itu menimbulkan sinar.

"Mungkin motor pertama di Pontianak yang menggunakan cat fosfor," ujar Hendry dengan bangga. Untuk membuat efek cahaya, menurutnya hal itu tidak terlalu merepotkan. Hanya mencampurkan bubuk fosfor ke dalam cat.

Prosesnya dimulai dengan cat dasar putih, kemudian diberi lapisan berikutnya yang merupakan cat putih yang sebelumnya sudah dicampur fosfor. "Setelah itu, baru di-airbrush. Untuk tahap akhir, baru kemudian diberi lapisan pernis," beber Si Abah, panggilan akrab Hendry. Ia mengaku memakai cat fosfor karena hasilnya tidak perlu perawatan khusus dan lebih gaya tanpa merepotkan.

Modal cat bersinar saja kurang sip tanpa diikuti ubahan pada bodi. Secara model dan desain, motor ini terlihat pas dan harmonis. Bisa dikatakan, ini menjadi detail yang memiliki pengaruh paling kuat dari keseluruhan motor. "Dibuat dari bahan fiber, sedangkan tangki hanya mengondom dari aslinya".

Karena kepincut model sporty (balap), maka bagian buritan dibikin runcing. Begitu juga bagian jok, yang dirancang ulang bergaya balap. "Jadi, yang mau bonceng sori aja, ya, enggak bisa," senyum Hendry.

Bahkan, di permukaan jok tergambar logo independen, yang juga jadi lambang bengkelnya. Enggak cuma di situ. Lambang itu juga terdapat di segitiga atas suspensi depan dan bagian dalam sepatbor belakang. Tampilan menjadi lebih hidup karena velg dan mesin dikeliri cat warna biru. (Nurfil)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com