Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha V-Ixion Pakai Kamera CCTV

Kompas.com - 22/10/2009, 04:50 WIB

KOMPAS.com — Mau tampilan Yamaha V-ixionnya seperti ini? Enggak perlu sampai harus merombak bodi. Namun, jangan lantas menuding tampilan motor ini "negatif" lantaran tak menggunakan spion. Hebatnya, meski tanpa cermin, keadaan belakang bisa dimonitor tanpa harus memutar kepala.

Itu bisa dilakukan karena motor sport berlambang garpu tala ini dilengkapi kamera CCTV. "Kameranya kami tanam di belakang dekat pelat nomor," ungkap Yulius Triwibowo, sang modifikator. Kemudian, kabel ditarik dari belakang hingga ke depan, dan layar monitor dipasang di atas tangki bensin.

Ukuran monitor sangat kecil. Kata Bowo—begitu Yulius biasa disapa—ukurannya hanya 10 x 8 cm. Kendati kecil, pemilik rumah modifikasi BW ini yakin kalau alat itu sangat membantu pengendara. Hanya, badan harus membungkuk untuk memerhatikan layar monitor.

Selain pemasangan kamera, Bowo juga membuat tampilan motor jadi gagah. Bagian-bagian yang kosong dibikin padat. Misalnya, bodi diberi penutup, di antaranya di bawah tangki bensin dan mesin (engine guard).

Pada bagian depan, sokbreker menggunakan upside down variasi buatan Taiwan. Lampu depan diganti dengan kepunyaan Suzuki Satria FU-150, dan hasilnya sangat cocok. Spidometer juga diambil dari motor 4-tak itu.

Masih di bagian depan, tongkrongan kian macho setelah dipasangi cakram ganda. Setelah tampak lebih padat, tampilan jadi kian jantan setelah kedua roda dipasangi ban lebar.

Keren, kan! (Nurfil)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com