Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duo Pebalap Yamaha Start Terdepan di Catalunya

Kompas.com - 13/06/2009, 20:04 WIB

CATALUNYA, KOMPAS.com - Para pebalap tim Yamaha-Factory mendominasi babak kualifikasi MotoGP Catalunya yang berlangsung di Circuit de Catalunya, Sabtu (13/6). Jorge Lorenzo berhasil menempatkan dirinya start paling depan setelah mencatat waktu tercepat 1 menit 41,974 detik.

Di samping Lorenzo saat start adalah rekan setimnya, Valentino Rossi. The Docter melesat dengan waktu terbaik 1 menit 42,327 detik yang dibuatnya dimenit ke-44. Ia berusaha mempertajam tapi tidak berhasil.

Sedang pebalap ketiga yang start di depan adalah Casey Stoner. Pemimpim klasemen sementara dengan total nilai 90 itu jelas menjadi ancaman bagi kedua pebalap Yamaha. Karena, seperti kita ketahui, tenaga Ducati Desmisedici GP9 sangat kencang di trek lurus.

Namun, tampaknya Spanyol menjadi negeri keberuntungan buat Rossi. Ketika motogp berlagsung di sirkuit Jerez sebagai seri III dimenangkan oleh Rossi. Bukan tidak mungkin, kemenangan diraih kembali di negeri matador.

Yang pasti, ketika berlangsung babak kualifikasi, tim Yamaha menjajal ban kompon keras yang rencana akan dipakai saat balapan. Ternyata, Lorenzo yang dicoba lebih awal, bisa mencatat waktu terbaiknya.

Hanya, saat balapan nanti, dengan ban kompon keras, Yamaha harus rela melepas posisi terdepan pada Stoner. Kecuali, kedua Yamaha memakai kompon yang berbeda. Stoner kompon keras, sementara Rossi ban lunak. Dengan begitu, Rossi bisa membendung pebalap Australia itu.


Dani Pedrosa tak bisa maksimal
Dalam balapan MotoGP putaran keenam di Circuit de Catalunya dekat Barcelona, para penggemar harus puas hanya bisa memberi dukungan kepada Jorge Lorenzo. Pasalnya, local hero lainnya, seperti Sete Gibernau sangat tidak memungkinkan untuk bersaing di barisan depan.

Pasalnya, faktor yang kurang mendukung mantan runner up dunia beberapa tahun silam ini karena tidak di support tim pabrikan. Kemudian, usia yang sudah menginjak 36 tahun, tercatat sebagai pebalap paling tua saat ini. Meski Loris Capirossi juga berusia 36 tahun April lalu, namun Gibernau lebih tua 8 bulan.

Kemudian Dani Pedrosa yang diharapkan bisa memenangkan balapan ini bersama Jorge Lorenzo, tak bisa tampil maksimal. Kecelakaan yang dialami di Mugello membuat andalan tim Repsol-Honda ini sulit bisa berlaga secara sempurna.

Ternyata, cedera di bagian pangkal paha sangat mengganggu sekali. Ketika berlangsung kualifikasi, tampak Dani jalan terpincang-pincang saat hendak menunggang Honda RC212V. Kendati begitu, ia gigih untuk bisa menghibur pendukungnya dan di menit-menit terakhir mampu tampil baik dengan melesat tercepat kedelapan.

Kini, pendukung fanatiknya sangat berharap kepada Jorge Lorenzo.

Hasil kualifikasi
1.Jorge Lorenzo Yamaha Factory 1:41.974
2 Valentino Rossi Yamaha Factory 1:41.987
3 Casey Stoner Ducati MotoGP 1:42.426
4 Andrea Dovizioso Honda HRC 1:42.594
5 Antonio Elias Honda Gresini 1:43.139
6 Colin Edwards Yamaha Tech3 1:43.168
7 Randy De Puniet Honda LCR 1:43.175
8 Daniel Pedrosa Honda HRC 1:43.207
9 James Toseland Yamaha Tech3 1:43.233
10 Mika Kallio Ducati Pramac 1:43.336
11 Loris Capirossi Suzuki MotoGP 1:43.365
12 Chris Vermeulen Suzuki MotoGP 1:43.411
13 Nicky Hayden Ducati MotoGP 1:43.414

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com