Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Luxio, Mini MPV Mewah buat Keluarga Mapan

Kompas.com - 26/02/2009, 21:30 WIB

JAKARTA, KAMIS — Produsen Daihatsu Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), cukup jeli menangkap kondisi pasar di Tanah Air yang sekarang ini lagi kurang sehat akibat terpaan krisis ekonomi. Mereka menyodorkan Daihatsu Luxio yang diperkenalkan di Grand Ballroom, Kempenski, Jakarta, Kamis (26/2), sebagai pilihan alternatif di saat harga mobil sekarang lagi membubung.

Sebab, untuk mendapatkan kendaraan yang sempurna bagi keluarga, terutama berpenumpang 8 orang, harganya sudah di atas Rp 200 juta-an. Di sinilah ADM melihat ada penurunan budget dalam pembelian mobil 'mewah' (down switching) oleh calon konsumen. "Di sini kami menawarkan Daihatsu Luxio," ungkap Wakil Presiden PT ADM MR Sudirman.

Sesuai dengan namanya Luxio, lanjut Sudirman, berasal dari Luxury yang berarti kemewahan yang disesuaikan untuk keluarga. Makanya, mini MPV yang berplatform Gran Max dan menggunakan mesin Terios 3SZ-VE 1.500 cc DOHC, VVTi, ini dirancang dengan konsep baru yang stylish, mewah, lega, dengan kenyamanan dan performa tinggi. Untuk lebih lengkap soal kelebihan dan kemewahannya bisa dilihat di rubrik "Produk Baru".

Yang pasti, konsumen punya banyak pilihan untuk mendapatkan Luxio. Menurut CEO ADM Suparno Djasmin, pihaknya menyediakan 4 varian Luxio dengan kelengkapan dan kemewahan yang berbeda. Dimulai dari varian terendah Luxio D dibanderol Rp 136.juta (OTR), tipe menengah Luxio M Rp 146 juta (OTR), dan yang mewah Luxio X bertransmisi manual seharga Rp 151 juta (OTR), dan transmisi otomatis (A/T) Rp 162juta (OTR).

"Untuk varian dengan optional ABS ada tambahan harga Rp 3 juta," jelas Djasmin. Jadi, harga Luxio M dan X yang dipatok di atas belum termasuk pemakaian ABS. Tak cuma itu, lanjut Djasmin, pihaknya juga menyediakan berbagai paket untuk membuat tampilan Luxio lebih manis.

Seperti Luxio D dengan membayar harga sebesar Rp 142 juta tampilan mobil jauh lebih bagus. Kemudian ada paket Elite untuk Luxio M dengan menambah Rp 7,9juta ada sekitar 11 bagian di bodi mobil mengalami perubahan dari standarnya. Terakhir ditawarkan paket Ultimate dengan menambah kocek Rp 6,8 juta, delapan item mampu mengubah bodi mobil.

Perihal harga, Amelia Tjandra, selaku Direktur Pemasaran PT ADM mengimbau kepada calon konsumen untuk segera membeli Luxio. "Sampai Maret nanti tidak ada koreksi harga. Sebab, kami sudah menaikkan harga secara bertahap mulai Januari kemudian dilanjut Februari. Jadi, Maret ini tidak ada kenaikan harga," bilang Amelia.

Dengan rentang harga seperti itu, Luxio head on dengan dua merek, yakni sama Suzuki APV Arena GL, GX, dan GLX yang mempunyai harga kisaran Rp 135 juta sampai Rp 160 juta-an. Kompetitor lainnya, Toyota Avanza 1.5L tipe S dengan kisaran harga antara Rp 155 juta sampai Rp 165 juta-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com