Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai i10 Segera Masuk Pasar Indonesia

Kompas.com - 10/09/2008, 16:09 WIB

JAKARTA, RABU. Hyundai Motor Indonesia saat ini lagi menunggu memperoleh ijin impor dan Hyundai i10 untuk dipasarkan di Indonesia. Demikian informasi yang berhasil dilacak Kompas.com di Departemen Perindustrian.

i-10 merupakan produk baru Hyundai untuk pasar global. Mobil kota atau sub-kompak
dengan panjang 3,5 meter ini diproduksi di India dan telah dipasarkan di beberapa negara. India merupakan basis terbesar Hyundai di Asia setelah Korea. Di samping itu, Hyundai juga nomor dunia di negara itu setelah Maruti Suzuki.

Pengganti Atoz
Melihat mesin digunakan dan dimensi i-10, mobil sub-kompak ini dapat dikatakan sebagai pengganti Atoz. Meski beitu, di Korea Atoz masih tetap dipasarkan berdampingan dengan i-10. Namun di Indonesia, Atoz belum punya pengganti. Harganya pun lebih mahal dibandingkan produk terbaru Hyundai yang dipasarkan di Indonesia, Avega.

i10 merupakan generasi baru Hyundai. Versi lainnya adalah i30 dan terakhir adalah i20 yang akan diperkenalkan pada Paris Motor Show bulan depan. Soal nama dengan huruf depan “i” beberapa orang menilai mengikuti tren sukses Apple dengan produknya “iPod”, termasuk “iPod Nano” , dan iPhone . Meski begitu Hyunda memberikan label “i” untuk menyatakan inovasi, inspirasi, ignition (pengapian) dan sebagainya.

Penampilan i10 lebih gaya dan modern. Hyundai menyebutnya lebih ekspresif , atraktif dan dinamis. Desain interior juga memberi kesan dinamis, fleksibel sesuai dengan kebutuhan manusia urban masa kini. Dengan penampilan dan dimensinya yang kompak, i10 akan sangat menarik bagi mereka yang sangat sibuk atau sering bermobil di tengah kemacetan ibu kota. Pasalnya, selain bisa bergerak dengan gesit dan lincah, tentu saja membantu kantong untuk mengurangi membeli ”bensin”. Karena konsumsi bahan bakar irit dijadikan daya tarik sendiri bagi Hyndai. Klaim dari perusahaan tersebut, konsumsi bahan bakar paling moderat dari mobil adalah 25 km/liter.

Mesin
Meski untuk beberapa negara ditawarkan dua jenis mesin, yaitu bensin 1.100 cc dan diesel 1.120 cc CRDi (di India versi ini disebut Kappa), dan segera menyusul bensin 1.200 cc (DOHC), untuk pasar Indonesia yang telah diajukan Hyundai adalah mesin 1.100 cc dengan teknologi SOHC. Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini 66PS/5.400 rpm. Sedangkan torsi 10,0 kgm/2.800 rpm. Sangat menarik, spesifikasi mesin ini sama dengan saudaranya yang sudah lebih dulu masuk ke Indonesia, yaitu Kia Picanto. Begitu juga transmisi, termasuk perbandingan gigi transmisi dan suspensi.

Dari segi dimensi, antara i10 dengan Piacanto perbedaan terbesar 40 mm, yaitu tinggi. Tinggi i10: 1.540 mm sedangkan Picanto: 1.480 mm. Perbedaan lain adalah panjang(i10: 3.565 mm, Picanto 3.535 mm) dan jarak sumbu roda (i10: 2.380 mm, Picanto: 2.370 mm).

Konsep desain mirip, sama-sama menyediakan versi bumper sewarna dengan bodi dan kaca spion. Di bumper depan juga dipasang lampu kabut. Meski begitu, bentuknya berbeda. Hyundai i10 menggunakan bumper dengan gril berukuran besar – memberi kesan bertenaga dan agresif – seperti yang banyak dipakai mobil-mobil masa kini. Di bibir kap mesin dipasang logo Hyundai dengan panel harisontal berlapiskan krom. Di belakang juga berbeda, baik itu pintu, lampu dan bumper. Begitu juga dengan desain pintu sisi belakang.

Untuk pasar di beberapa negara, i10 dilengkapi peranti keamanan seperti ABS(anti-lock braking system) dan ESP (electronic stability program) . Untuk Indonesia kemungkinan dicopot dan mengurangi jumlah airbag-nya. Tujuannya untuk mereduksi biaya sehingga harganya bisa kompetitif. Meski begitu, power steering elektrik yang sudah digunakan Hyundai pada produk terhadulunya akan tetap dipertahankan.

Dengan kondisi seperti itu, i10 diharapkan bisa bersaing dengan saudaranya sendiri, Picanto yang saat ini di tawarkan dengan “range” harga mulai dari Rp 87 juta sampai versi yang paling top Rp 127 juta. Satu lagi kompetitor i10 yang berasal dari India adalah Karimun. Soal harga ini cukup memusing Hyundai Motor Indonesia. Akibatnya, mereka belum bisa memastikan kapan i10 dipasarkan di Indonesia. “Kita lagi pusing memikirkan soal harga. Kalau tidak pas, bisa susah,” terang Jose Widjajakusuma, GM Marketing Hyundai Motor Indonesia ketika ditanyakan soal rencana pemasaran i10 ini.

Spesifikasi:
Mesin
Kapasitas : 1.086 cc
Diameter x langkah (mm) : 67 x 77
Perbandingan kompresi : 10 : 1
Dimensi
Panjang : 3.565 mm
Lebar : 1.595 mm
Tinggi : 1.540 mm
Jarak sumbu roda : 2.380 mm
Kapasitas tangki bensin: 35 liter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com