Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Pikap Daihatsu Gran Max Masih Moncer

Kompas.com - 03/06/2024, 13:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

BANDUNG, KOMPAS.com - Kendati pernah alami skandal kecurangan atau manipulasi data saat tes tabrak beberapa bulan yang lalu, pikap Gran Max masih menyumbang penjualan terbesar bagi Daihatsu di Indonesia. Bahkan kendaraan komersial Daihatsu ini  jadi mobil pikap terlaris sepanjang tahun 2023. 

Marketing & Customer Relations Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono mengatakan, pada 2023 penjualan pikap Gran Max berkontribusi terhadap penjualan Daihatsu secara Nasional yang mencapai 23 persen. Dari data tersebut, Jawa Barat paling mendominasi. 

Baca juga: Intip Suasana Baru Kabin Toyota Rush GR Sport Facelift

Daihatsu Gran MaxKOMPAS.com Daihatsu Gran Max

"Gran Max pikap berkontribusi sebesar 22- 23 persen di wilayah Jawa Barat. Adapun penjualan tersebut berkontribusi terhadap penjualan Daihatsu secara nasional yang mencapai 23 persen," katanya di Bandung, Minggu (2/6/2024). 

Berdasarkan data penjualan dari pabrik ke diler alias wholesales yang diolah dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang tahun 2023, total penjualan Daihatsu Gran Max sebanyak 43.197 unit.

Baca juga: Hyundai Rilis Ioniq 5 N TA, Khusus Balapan Pikes Peak

Angka tersebut membuat Gran Max menempati posisi pikap terlaris sepanjang tahun 2023. Sementara itu di posisi kedua ada Suzuki New Carry yang terjual sebanyak 42.317 unit, kemudian ada  Mitsubishi L300 sebanyak 13.527 unit dan Isuzu PHR dengan torehan penjualan 11.147 unit. 

"Jadi memang dengan kondisi penjualan Gran Max secara Nasional tidak terlalu berbeda jauh apa yang terjadi di Jawa Barat. Memang secara geografis yang dimaksud Jawa Barat ini Bekasi," kata Tri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com